Sulawesi Utara

Walikota Manado ingatkan toleransi

Manado – Wali Kota Manado Vicky Lumentut, mengingatkan seluruh warga setempat untuk makin meningkatkan toleransi kepada umat Islam yang menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan 1439 Hijariah.

“Hari ini seluruh umat Islam mulai melaksanakan ibadah puasa, maka warga yang tak berpuasa wajib menghormati saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah itu,” kata Lumentut, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan, sikap hormat harus ditunjukkan dengan tidak melakukan hal-hal yang akan menyinggung atau membuat saudara-saudara kaum muslim terganggu ibadahnya.

“Masyarakat Kota Manado dan Sulawesi Utara dikenal karena toleransi, semangat kebersamaan, kekeluargaan dan persaudaraan yang tinggi, maka itu harus ditunjukkan pada bulan Ramadhan seperti ini,” katanya.

Apalagi, kata Lumentut, di kala negara sedang diuji dengan adanya gelombang aksi radikal yang mau memecah belah negara dengan aksi teror, sudah seharusnya seluruh penduduk Manado bersatu dan menunjukkan kepada dunia luar, bagaimana rukunya daerah ini.

Sebagai contoh, kata Lumentut, pemerintah kota sudah menjadwalkan safari Ramadhan ke 11 kecamatan di Manado, maka itu harus menjadi penyemangat bagi seluruh warga kota untuk selalu menjaga dan memelihara kerukunan.

Dukungan terhadap ajakan tersebut juga disampaikan oleh Ketua DPRD Manado, Noortje Henny Van Bone, yang mengingatkan warga Manado tentang semboyan “torang samua basudara”.

“Sebagai warga kota Manado dan Sulawesi Utara umumnya, maka sudah menjadi kewajiban untuk menunjukkan adanya toleransi yang menjadi keistimewaan dibandingkan daerah yang lain,” katanya.

Politisi partai demokrat tersebut, mengingatkan, justru di saat guncangan dan gangguan dari golongan radikal sedang terjadi, maka semangat toleransi dan menghormati adalah hal yang harus ditunjukkan kepada dunia.

“Mari kita hormati dan hargai saudara-saudara kita yang berpuasa, karena torang samua basudara dan torang samua ciptaan Tuhan, jadi tunjukkanlah dalam hidup bermasyarakat,” katanya.

Related Articles