Nasional

KPU Kota Blitar Lakukan Pelipatan Surat Suara Untuk Pilgub

Blitar – Setelah mundur 3 hari dari jadwal, Surat suara untuk Pilgub Jawa Timur sudah tiba di kantor Komisi Pemelihan Umum (KPU) Kota Blitar, dan langsung segera di proses untuk pelipatan, Selasa (29/5).

Surat suara tersebut tiba pukul 07.00, dikawal ketat oleh anggota kepolisian. Sebanyak 133.132 lembar surat suara diturunkan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar Setyo Budiono menyatakan, berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 110.255, ditambahkan surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen.

KPU mengerahkan 45 orang wanita untuk melakukan proses pelipatan, mereka mendapat pengawasan yang ketat seperti pemeriksaan saat datang dan pulang, serta tidak diperbolehkan membawa jaket dan handphone, saat dalam kegiatan pelipatan surat suara.

Pelipatan surat suara ditargetkan selesai pada tanggal 1 Juni mendatang, setelah selesai proses pelipatan, surat suara akan langsung disimpan dalam gudang logistik bersama kotak suara yang sudah dibersikan sebelumnya.

“Hari ini juga langsung kami lakukan penyortiran dan pelipatan surat suara, target tiga hari sebelum tanggal 1 Juni mendatang harus selesai dan beres,” tegas Budiono.

Surat suara yang sudah dilipat, akan disebarkan ke 249 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kota Blitar. serta beberapa akan digunakan untuk pengambilan suara darurat seperti Rumahsakit dan Penjara.

The post KPU Kota Blitar Lakukan Pelipatan Surat Suara Untuk Pilgub appeared first on Metro Surabaya.

Related Articles