Nasional

Usai Tipu 56 Jamaah Umroh, Pemilik Asya Tour Ternate Diduga Kabur

Ternate – Sebuah rumah panggung di kawasan puncak Maliaro, Rabu (30/5) tertutup rapat, tampak tak ada aktivitas.

Bangunan Rumah yang lahannya disewa itu pun hanya tersisa beberapa buah sandal dan sepatu yang berada didepan.

Ya. rumah tersebut adalah rumah Asnawi Ibrahim (29) pemilik Asya Tour Ternate yang diduga melakukan penipuan calon jamaah umroh. Perkiraan kerugian korban mencapai Rp10 Milyar lebih.

“Dia (Asnawi-red) tidak pernah menceritakan kejadian ini, dia dalam beberapa bulan ini pun jarang datang ke rumah juga tak pernah berkabar”Kata salah satu kakak perempuan Asnawi yang tinggal tak jauh dari rumahnya, Rabu.

Menurut saudara perempuan Asnawi, dirinya sempat mendengar kabar bahwa pada april lalu Asnawi berencana berangkat ke tanah suci untuk memberangkatkan jemaah, namun batal berangkat.

“Saya juga tidak tau, apa yang terjadi dengan Asnawi soalnya dia terlalu tertutup”ungkap Ci Ul, sapaan akrab kakak perempuan Asnawi di kediamannya.

Sejauh ini, keberadaan Asnawi tak diketahui bahkan dia ditenggarai melarikan diri usai didesak para calon jamaah untuk mengembalikan uang tunai yang sudah disetorkan.

Sama halnya dengan rumah Asnawi, travel milik pria kelahiran Namlea, Maluku itu juga sudah ditutup alias tak ada lagi aktivitas.

Sejauh ini, belum ada korban yang melaporkan kasus ini ke kepolisian. Meski, kasus ini sudah murni pidana penipuan.

Terpisah, praktisi hukum Ade M Nur, kepada deliknews.com mengaku akan membantu para korban jika mau membuat pengaduan mengenai penipuan travel umroh Asya Tour.

“Dalam kasus ini perlu melibatkan Departemen Agama dan kepolisian sehingga kerugian korban bisa dikembalikan. Jika memang tidak bisa, maka dapat ditempuh lewat jalur hukum”Singkat, Ade.

The post Usai Tipu 56 Jamaah Umroh, Pemilik Asya Tour Ternate Diduga Kabur appeared first on Metro Surabaya.

Related Articles