Jumat, 1 Juni 2018 - 15:25 WIB

Dihadiri Wabup, Dandim Asahan Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Kisaran – Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila, Jumat (1/6) di Alun-alun Rambate Rata Raya Kisaran dipimpin oleh Dandim O208 Asahan, Letkol ARM Suhono selaku inspektur upacara.

Kegiatan ini dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), diantaranya Wakil Bupati H Surya BSc, Dandim 0208 Asahan, mewakili Kapolres Asahan, Kepala Kejari Asahan, Ketua Pengadilan Negeri dan Pimpinan DPRD Asahan. Kemudian para pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemkab Asahan, para Aparatur Sipil Negara (ASN), dan organisasi kepemudaan (OKP).

Upacara diawali pengibaran bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan mengheningkan cipta dan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur upacara diikuti seluruh peserta upacara serta pembacaan teks Pembukaan UUD 1945.

Pada kesempatan ini, Dandim 0208 Asahan Letkol ARM Suhono membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo. Disampaikannya, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

“Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah ber-Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” katanya menyampaikan sambutan.

Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan bathin para founding fathers Indonesia.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945. Kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. (Jamal)

The post Dihadiri Wabup, Dandim Asahan Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila appeared first on Metro Surabaya.

Artikel ini telah dibaca 120 kali

loading...
Baca Lainnya

Kesaksian Petugas Damkar Dengar Suara Minta tolong Saat Pencarian SJ182

Jakarta – Video petugas Damkar Kepulauan Seribu saat mencari korban jatuhnya Sriwijaya Air mendadak viral...

Petugas gabungan meletakkan serpihan pesawat di Posko Evakuasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta - Pontianak di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu, 10 Januari 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

17 Januari 2021, 23:43 WIB

Masyarakat Adat Papua Dukung Vaksinasi Covid-19

Oleh : Abner Wanggai Vaksinasi corona nasional sudah dimulai di Indonesia, termasuk di Provinsi Papua...

17 Januari 2021, 22:02 WIB

Literasi Nilai-Nilai Pancasila di Medsos Cegah Radikalisme

Oleh : Aldia Putra Organisasi radikal terus bergerilya walau statusnya telah dibubarkan. Mereka menggunakan media...

17 Januari 2021, 21:41 WIB

Pemerintah Siapkan Draft Aturan Turunan UU Cipta Kerja

Oleh: Deka Prawira Saat ini, Pemerintah Pusat masih tetap menyerap aspirasi masyarakat dalam menyusun aturan...

17 Januari 2021, 21:13 WIB

Keren, Rumah Makan Gubug Gurame dan Saputra Tour and Travel Sukses Kembali Adakan Acara Sunatan Massal  

Setelah sukses mengadakan kegiatan sunatan massal selama tiga kali pada tahun 2020, Rumah makan Gubug...

17 Januari 2021, 14:09 WIB

Masyarakat dan Santri Mendukung Vaksinasi Covid-19

Oleh : Alfisyah Dianasasri Setelah mengalami serangkaian ujicoba hingga beberapa tahapan. Vaksin yang digadang-gadang jadi...

17 Januari 2021, 08:14 WIB

loading...