Nasional

Kepala Desa Segera Realisasikan, Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa

Blitar – Setelah seluruh desa dapat memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk mencairkan Dana Desa (DD) tahap 1. sebanyak 220 desa dari 22 Kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar sudah menerima Dana Desa (DD). Hal ini di terangkan Drs. Mujianto melalui Anik Nursiamah selaku Kabid Pembangunan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Blitar, Senen (4/6), di kantornya.

Diterangkan oleh Anik, pada dasarnya Dana Desa Tahap 1 sudah di transfet dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan masuk ke Rekening Kas Desa (RKD) masing – masing. Adapun secara keseluruhan jumlah total yang ada sebesar 32,6 Miliyard dari 20% yang ditetapakan,terangnya.

Tambahnya, Sedangkan DD tahap II (40%) pengajuan ke KPPN tanggal 28 Mei 2018 lalu, dan sesuai aturan 5 hari kerja di proses di KPPN. Sedangkan tanggal 7 juni nanti pihak KPPN akan mentransfer ke RKUD, selanjutnya membutuhkan waktu selama 17 hari akan di transfer ke RKD, di mungkinkan sekitar habis lebaran tnggal 28 juni sudah masuk, tandasnya.

Di tanya mengenai dana Alokasi Dana Desa (ADD), Anik menuturkan bahwa dana tersebut sudah cair ke Rekening Kas Desa untuk tahap 1 sebesar 30%, sedangkan tahap 2 masih di ajukan ke BPKAD sejumlah 185 berkas dari desa dan 35 berkas lainya masih proses verifikasi di DPMD Kabupaten Blitar.

The post Kepala Desa Segera Realisasikan, Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa appeared first on Metro Surabaya.

loading...

Related Articles