Selasa, 5 Juni 2018 - 11:24 WIB

Polda arahkan personel amankan Pilkada Malut

Ternate – Polda Maluku Utara (Malut) akan mengarahkan seluruh personelnya di kabupaten/kota untuk mendukung pengamanan selama proses pencoblosan di Pilkada Malut pada 27 Juni 2018.

“Seluruh personel akan dikerahkan pada 24 Juni 2018 nanti dikerahkan ke kabupaten/kota untuk mengamankan seluruh TPS, pengamanan TPS dan dokumen yang akan di bawa ke PPS, PPK hingga KPU kabupaten/kota,” kata Kepala Biro Operasi Polda Malut, Kombes Pol Juhari usai pelaksanaan simulasi pencoblosan Pilkada Malut di Ternate, Selasa.

Dia mengatakan, untuk jumlah personel BKO di Polda Malut sebanyak 378 akan dikerahkan ke seluruh polres yang masuk daerah berpotensi rawan yakni Kepulauan Sula, Halmahera Selatan, Halmahera Utara dan Kota Ternate.

Selain itu, seluruh personel yang berada di polres kabupaten/kota akan dikerahkan untuk mendukung proses pengamanan Pilkada Malut, termasuk ditempatkan setiap personel 2.232 TPS yang tersebar di seluruh kabupaten/kota.

Juhari mengatakan, dari 3.700 personel Polda Malut, akan dibantu personel TNI-AD 921 orang, sehingga bisa memberi pilkada yang aman dan demokratis.

Pihaknya menyatakan, dana senilai Rp65 miliar yang telah dialokasikan untuk pengamanan Pilkada Malut telah memenuhi kebutuhan selama pelaksanaan tahapan pengamanan, di luar adanya kegiatan tambahan seperti Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Oleh karena itu, Polda Malut telah koordinasi itu membahas mengenai masalah pendistribusian surat suara, karena Malut sebagai provinsi kepulauan tentunya memiliki berbagai masalah dengan infrastruktur dan fasilitas yang terbatas, guna antisipasi adanya kecurangan selama tahapan Pilkada Malut berlangsung dan belum terlihat adanya potensi konflik dalam tahapan pilkada.

Polda Malut sendiri akan menyiapkan berbagai infrastruktur guna mendukung pelaksanaan Pilkada Malut yang akan dan melahirkan pemimpin yang demokratis pula, ujanrnya.

Akan tetapi, hingga tahap ketujuh tahapan kampanye pilkada Malut tetap kondusif, terutama saat Ramadhan ini nisbi berjalan dengan aman, karena dari hasil evaluasi selama kampanye tidak ada masalah yang timbul secara serius dan diharapkan agar tahapan pencoblosan dan pelantikan bisa berjalan aman.

The post Polda arahkan personel amankan Pilkada Malut appeared first on Metro Surabaya.

Artikel ini telah dibaca 54 kali

loading...
Baca Lainnya

Omnibus Law RUU Cipta Kerja Untungkan Pekerja dengan Pengaturan Upah Minimum yang Layak

Oleh : Ade Kurniawan Para pekerja deg-degan menunggu peresmian omnibus law RUU Cipta Kerja, karena...

30 September 2020, 05:35 WIB

Masyarakat Harus Disiplin Laksanakan 3 M

Oleh : Zulfikar Penambahan pasien Covid-19 masih terus terjadi di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk...

30 September 2020, 05:23 WIB

Waspada Manuver KAMI Politisasi Isu PKI

Oleh : Edi Jatmiko Jelang peringatan peristiwa gerakan 30 september, selalu ada isu kebangkitan PKI...

30 September 2020, 05:17 WIB

Menengok Harta Kekayaan Cabup Sidoarjo, Ternyata Cabup Ini Paling Terkaya

Sidoarjo – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah umumkan laporan harta kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) para...

29 September 2020, 21:33 WIB

Mewaspadai Manuver KAMI Bermuatan Politis

Oleh : Ahmad Bustomi Masyarakat dipusingkan dengan ulah anggota KAMI yang mejeng di berita TV...

29 September 2020, 03:55 WIB

Masyarakat Papua Mendukung Keberlanjutan Otsus

Oleh : Abner Wanggai Pemerintah memberikan sinyalemen untuk melanjutkan Otsus Papua. Otsus tersebut dianggap membawa...

29 September 2020, 03:48 WIB

loading...