Jawa Timur

Polres Blitar, Amankan Satwa Dilindungi

Blitar – Polres Blitar, berhasil mengamankan satwa yang dilindungi, pada hari Sabtu tanggal 23 Juni 2018 sekitar pukul 14.00 di Kelurahan Kedungbunder Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar.

‎Pemelihara satwa langka tersebut, AB (43) tahun, merupakan salah satu karyawan BUMN, warga Kembangarum Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar, AKBP Anissullah M Ridha mengatakan, anggotanya berhasil mengamankan 4 ekor Merak Hijau yang tidak disertai dokumen resmi.

‎” tepatnya hari sabtu 23 juni pukul 14.00, anggota kami berhasil mengamankan 4 ekor Merak Hijau, saat ditanyai dokumen resmi untuk mempelihara, pemilik tidak bisa memperlihatkan,” kata Anis. Selasa (26/6/2017).

‎sementara itu, Dadang Sugianto Kepala Seksi Badan Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah 1, juga mengatakan, Merak Hijau (Pavo muticus) ini, dapat dipelihara namun harus dengan sistem penangkaran.

Salah satu jenis satwa yang berhasil di amankan Polres Blitar dari oknum karyawan BUMN

” Merak Hijau (Pavo muticus) ini merupakan aset negara dan harus dilindungi karena sudah mulai langka, serta tidak boleh dipelihara secara perorangan, boleh dipelihara namun dengan sistem penangkaran,” kata Dadang.

‎Kasus ini masih dalam pengembangan kepolisian, AB juga belum bisa di tetapkan sebagai tersangka, karena penyelidikan masih dilakukan, tentang bagaimana dia mendapatkan, serta tujuan dipeliharanya Merak Hijau tersebut.

” jika si AB ini terbukti bersalah dalam pengembangan selanjutnya, maka dia akan terjerat, Pasal 40 ayat (2), dan Pasal 21 ayat (2) Undang-undang Republik Indonesia Nomer 5 tahun 1990, tantang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem, dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara,” Pungkas Anis.

loading...

Related Articles