Maluku Utara

Banjir besar landa Ternate, Ratusan orang Mengungsi

Ternate – Hujan deras yang mengguyur kota Ternate, Maluku Utara dalam seminggu terakhir mengakibatkan sejumlah kawasan mengalami banjir. Puncaknya pada kamis (5/7), ratusan orang didaerah itu terpaksa mengungsi.

Buruknya sistem drainase ditambah dengan intensitas hujan di Ternate, mengakibatkan air meluap ke rumah-rumah warga lantaran volume air yang cukup besar.

Informasi yang dihimpun deliknews.com Kamis malam, Di kelurahan Takoma Ternate, warga yang rumahnya berdekatan dengan kali harus mengungsi ke wilayah yang lebih aman. Para warga di ungsikan ke Kantor lurah Takoma, Jalan hasan Esa.

Kemudian di Maliaro, satu tanggul penangkal banjir lingkungan RT 7 jebol, air kemudian melebar masuk ke rumah warga. Wilayah lainnya yang terdampak diantaranya Kotabaru, Tanah tinggi dan daerah lainnya.

Hal yang sama juga terjadi di kelurahan Gamalama, genangan air setinggi 15 cm meluas disepanjang jalan Pahlawan Revolusi dan menenggelamkan kendaraan warga.

“Iya, banjir ini karena dalam beberapa hari terakhir ini hujan deras lalu drainase yang dibangun Pemkot Ternate juuga tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak bisa menampung debit air”Kata Safrizal, Warga Ternate, Kamis malam.

Sejauh ini, informasi yang diterima, Pemkot dan BPBD Maluku Utara terus melakukan evakuasi warga sekitar kali untuk memastikan kondisi daerah itu aman. Belum dilaporkan mengenai korban jiwa dalam musibah banjir itu.

(cr7)

loading...
Tags

Related Articles