Nasional

Dikalahkan Thailand, Timnas U-19 gagal juara group

Sidoarjo – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 harus mengakhiri laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2018 dengan hasil mengecewakan. Bersua Thailand di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (9/7/2018) malam WIB, pasukan Indra Sjafri kalah dengan skor 1-2.

Dalam laga ini, gol dari Thailand dicetak oleh Nattawut Chootiwat (41′) dan Matee Sarakum (50′). Sementara bagi Timnas U-19, sumbangan satu gol dicetak oleh Rifad Marasabessy (84′).

Dengan hasil melawan Thailand, Timnas U-19 turun ke posisi kedua Grup A dengan raihan 12 poin dari lima pertandingan. Sebaliknya, Thailand mengambil alih tempat teratas berbekal koleksi 13 angka.

Setelah Timnas U-19 tertinggal di babak pertama via gol Nuttawut Chootiwat, pelatih Indra Sjafri melakukan penyegaran dengan menarik ke luar Aji Kusuma dan memasukkan Witan Sulaeman.

Meski begitu, serangan Thailand yang sejak babak pertama mengandalkan kecepatan sayap terlebih dahulu mengancam. Laga interval kedua baru berjalan dua menit, Suphanat Muentanan kembali melepaskan tembakan. Beruntung bagi Indonesia, kiper Aqil Safiq kembali mampu mengantisipasi bola lewat tepisannya.

Performa apik Aqil tak berlanjut. Melalui serangan sisi sayap kanan yang diinisiasi Nakin Wisetchat, pemain bernomor punggung 2 ini berhasil mengirimkan umpan mendatar ke Matee Sarakum yang berdiri bebas tanpa penjagaan di kotak 16 Timnas U-19. Tanpa kesulitan yang berarti ia mencetak gol dengan kali kanannya. Skor 2-0 dan Thailand menjauh pada menit ke-50.

Tertinggal dua gol, Timnas U-19 mencoba bangkit. Umpan-umpan pendek yang jarang terlihat di babak kedua diperagakan via sisi sayap. Hasilnya memang tak instan, tetapi pada menit ke-60 dan ke-66, Abimanyu dan Saddil Ramdani mencoba peruntungan via tembakan jarak jauh. Bola sepakan keduanya masih menjauh dari gawang Nopphon Lakhophon.

Related Articles