Selasa, 17 Juli 2018 - 18:53 WIB

Bupati Aceh Utara Buka Gerakan Nasional Gemar Membaca

Aceh Utara, Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib membuka kegiatan safari Gerakan Nasional Gemar Membaca yang diinisiasi oleh Perpustakaan Nasional RI, berlangsung di aula Panglateh Lhoksukon, Selasa (17/7).
Pada kesempatan itu Bupati Muhammad Thaib sangat mengapresiasi jajaran Perpustakaan Nasional yang telah memilih Kabupaten Aceh Utara sebagai salah satu lokasi kegiatan safari gerakan membaca.
“MelaluiĀ  safari gerakan membaca nasional, sangat penting dalam rangka menumbuhkan minat baca masyarakat, baik dari kalangan sekolah maupun masyarakat umum.
Cek Mad mengatakan perpustakaan dan minat baca sangat erat kaitannya dengan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Diharapkan, dengan adanya kegiatan gerakan gemar membaca akan dapat melecut minat masyarakat berkunjung ke perpustakaan, serta dapat mengambil ilmu yang bermanfaat dari buku yang tersedia di sana.
“Oleh karenanya, kepada para peserta untuk mengakrabkan diri dengan buku-buku, kitab-kitab dan segenap bahan bacaan. Buku dan kitab adalah lentera dunia, gudang ilmu. Untuk itu Cek Mad mengajak masyarakat untuk menjadikan buku sebagai sahabat keluarga dan anak-anak,” katanya.
Sementara Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs Muh Syarif Bando, MM, mengatakan safari gerakan gemar membaca ini dimaksudkan untuk memasyarakatkan dan mempromosikan perpustakaan dan budaya gemar membaca secara langsung kepada masyarakat.
“Pihaknya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat runtuk belajar sepanjang hayat (long life education) dengan memanfaatkan perpustakaan,”ujarnya.
Tampil sebagai narasumber pada kegiatan itu Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs Muh Syarif Bando, MM, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Aceh, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara, serta para pegiat literasi. Sedangkan para peserta di antaranya para guru dan kepala sekolah, pengelola perpustakaan sekolah, dayah, dan perguruan tinggi, pengelola taman baca, pemerhati perpustakaan, siswa SLTA, LSM, karang taruna, budayawan, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. (Mhd)

Artikel ini telah dibaca 142 kali

loading...
Baca Lainnya

Kapolda Kalteng Memberangkatkan Tim SAR dan Tim Food Estate

Palangka Raya, Kalteng, deliknews – Setelah apel siaga, Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Dedi Prasetyo didampingi...

18 Januari 2021, 21:26 WIB

Lagi, Baharkam Polri ungkap 25 Ton Pottasium Chlorate untuk Bom Ikan

SURABAYA – Puluhan ton bahan peledak untuk bom ikan diamankan polisi dari sebuah gudang di...

18 Januari 2021, 17:49 WIB

Kesaksian Petugas Damkar Dengar Suara Minta tolong Saat Pencarian SJ182

Jakarta – Video petugas Damkar Kepulauan Seribu saat mencari korban jatuhnya Sriwijaya Air mendadak viral...

Petugas gabungan meletakkan serpihan pesawat di Posko Evakuasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta - PontianakĀ di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu, 10 Januari 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

17 Januari 2021, 23:43 WIB

Masyarakat Adat Papua Dukung Vaksinasi Covid-19

Oleh : Abner Wanggai Vaksinasi corona nasional sudah dimulai di Indonesia, termasuk di Provinsi Papua...

17 Januari 2021, 22:02 WIB

Literasi Nilai-Nilai Pancasila di Medsos Cegah Radikalisme

Oleh : Aldia Putra Organisasi radikal terus bergerilya walau statusnya telah dibubarkan. Mereka menggunakan media...

17 Januari 2021, 21:41 WIB

Pemerintah Siapkan Draft Aturan Turunan UU Cipta Kerja

Oleh: Deka Prawira Saat ini, Pemerintah Pusat masih tetap menyerap aspirasi masyarakat dalam menyusun aturan...

17 Januari 2021, 21:13 WIB

loading...