Minggu, 22 Juli 2018 - 10:11 WIB

Warga Temukan Granat Korea di Kebun Bunga

Aceh Timur  – Danramil 11/Birem Bayeun Kodim 0104/Aceh Timur Kapten Inf Noverlan bersama anggota Ramil 11/Brb amankan Granat Korea, yang diduga dibuang oleh tuannya bertempat di kebun warga, Dusun Tunong, Desa Kemuneung Hulu, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (21-07-2018).

Penemuan Granat tersebut diperoleh informasi dari Gheucik Kemuneung Hulu,  Muhammad Yani.(42), yang melapor kepada Babinsa Ramil 11/Brb Sertu Edy Saputra tentang warganya a.n Hasan (43), Pekerjaan PNS (dinas) Kebersihan Kota Langsa ) Alamat Desa Paya Bujuk Seulemak Kec. Langsa Baro Pemko Langsa  melihat benda yang mencurigakan (diduga Granat) di kebun karet miliknya.

Kemudian Babinsa melaporkan kepada Danramil perihal penemuan Granat di Desa Kemuneung Hulu, selanjutnya Danramil berkoordinasi dengan Kapolsek Birem Bayeun dan Danki Kompi II Brimob Aramiah untuk menerjunkan Tim Jihandak (Penjinak Bahan Peledak) guna mengamankan benda yang mencurigakan tersebut.

Mengingat waktu sudah malam yang tidak memungkinan untuk mensterilisasikan benda mencurigakan tersebut. Maka Danramil dan jajaran Polres Aceh Timur sepakat besok pagi akan dilakukan seterilisasi dilokasi kejadian oleh Tim Jihandak Brimob

Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis mendapatkan laporan tersebut langsung memberikan perintah kepada Danramil dan anggota jajaran Ramil 11/Brb untuk mengamankan tempat tersebut, takutnya ada warga yang tidak tau adanya Granat ditempat itu, akan meledak seandainya terinjak atau tersenggol,” tegasnya.

Sementara Kapten Noverlan mengatakan hasil pantauan dilapangan Granat tersebut sengaja di buang oleh pemiliknya, karena dilihat dari bentuk Granat masih dalam kondisi mulus, hanya pengaman yang berkarat. Sementara Pen Pengaman sudah tidak ada hanya tali pelastik sebagai pengaman tambahan yang masih terikat,” terangnya.

Apabila Granat tersebut sisa dari konflik di Aceh, maka kondisi Granat pasti sudah berkarat karena sudah lama terkena hujan, panas dan tanah. Akan tetapi yang berkarat hanya pengaman nya saja sementara kondisi Granat masih mulus.

Dilihat dari pengaman tambahan yaitu “Tali Pelastik” yang mengikat pengaman apabila Granat tersebut sudah lama atau sisa konflik maka tali pelastik tersebut pasti sudah hancu, akan tetapi tali plastik tersebut masih terikat sedikit rapuh akibat terkena hujan dan panas.

“Dilihat dari kondisi apabila Granat tersebut sisa konflik yang di gunakan tidak meledak sudah pasti Granat tidak diikat dengan tali pelastik sebagai pengaman tambahan, pungkas Danramil. (*)

 

 

Artikel ini telah dibaca 124 kali

loading...
Baca Lainnya

Bawaslu Pasaman Akan Bubarkan Kampanye Jika Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Pasaman, – Bawaslu Kabupaten Pasaman akan membubarkan kampanye pasangan calon gubernur/wakil gubernur dan calon bupati/wakil...

 Bawaslu Pasaman rapat koordinasi dengan Forkopimda dan stakeholder, di Lubuk Sikaping, Rabu (30/9/20).

30 September 2020, 13:10 WIB

Bawaslu Pasaman Akan Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Pasaman, – Bawaslu Kabupaten Pasaman bersama tim atau unsur terkait akan menertibkan Alat Peraga Kampanye...

 Ketua Bawaslu Pasaman Rini Juita (jilbab merah) saat rapat koordinasi dengan Forkopimda dan stakeholder, di Lubuk Sikaping, Rabu (30/9/20).

30 September 2020, 12:02 WIB

Mahasiswa PSDKU unsiyah Kampus Blangnangka Orasi Damai Ke DPRK Gayo Lues.

Sebanyak 20 Orang Perwakilan  Mahasiswa PSDKU Universitas Siyah Kuala Kampus Belang Nangka Kabupaten Gayo Lues...

30 September 2020, 02:10 WIB

Kapolresta Tangerang Pimpin Operasi Yustisi, 72 Pelanggar Disanksi Masuk Ambulan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi memimpin Operasi Yustisi bersama Pemkab...

29 September 2020, 23:21 WIB

Kapolresta Tangerang Bina Komunitas Jadi Pelopor Pelaksanaan Protokol Kesehatan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kembali melaksanakan pembinaan komunitas untuk...

29 September 2020, 23:14 WIB

Beli Sabu Pakai Uang Pensiunan Orang Tua, Residivis Dibekuk Polresta Tangerang

TANGERANG – Satuan Reserse Narkoba Polresta Tangerang Polda Banten meringkus seorang pria berinisial BA lantaran...

29 September 2020, 23:04 WIB

loading...