Istana Angkat suara soal Koalisi Jokowi-SBY

Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut sulit bagi partainya untuk berkoalisi dengan kubu Joko Widodo di Pilpres 2019. Hal ini disampaikan SBY saat bertemu Prabowo Subianto untuk menjajaki kemungkinan koalisi.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan sebenarnya rintangan itu ada di dalam diri SBY sendiri. Bahkan Pramono menjelaskan sebelum mengadakan pertemuan dengan 6 ketum partai, Senin (23/7), Jokowi berharap ada realisasi dari komunikasinya yang sudah terjalin dengan SBY.

“Yang saya tahu, sebelum pertemuan di Bogor kemarin sebenarnya Presiden sudah beberapa kali menyampaikan bahwa komunikasi yang berjalan baik dengan SBY mudah-mudahan ada realisasinya,” kata Pramono Anung di Kantor Sekretariat Kabinet, Jalan Veteran, Jakarta, Rabu (25/7).

“Tapi sampai hari H ketika pertemuan ketua-ketua umum partai yang ada di Istana Bogor itu belum terjadi. Artinya mungkin rintangannya ada di dalam Pak SBY sendiri,” lanjut politikus PDIP ini.

Pramono lalu mengungkapkan beberapa kali Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga sudah melakukan pertemuan tertutup dengan Jokowi. Kalau kemudian ada rintangan, Pramono berharap bisa diselesaikan dengan baik.

“Saya enggak tahu apa yang terjadi dengan beliau. Tapi mungkin barrier-nya ada pada beliau,” ucap Pramono Anung.

(kpr/cr7)

Video

Comment