Waspadai GelombangTinggi,BMKG Keluarkan Surat Peringatan Dini

  • Whatsapp

BlitarBadan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG). Menghimbau kepada seluruh peraiaran selatan dan utara untuk berwaspada akan terjadinya potensi sunami. Himbuan ini di keluarkan lewat “ Peringatan Dini Gelombang Tinggi “ yang tertanggal, Rabu (25/7/18), dengan Nomor : Me 301/PD/25/APM/VII/BMKG-2018.

Dengan peringatan ini, isinya di mungkinkan adanya gelombang tinggi dengan ketinggian 1.25 – 2,50 m ( Moderate ), 2,50 – 4m ( Rough ), 4 – 6m ( Verry Rough ).

Dan perlu mewaspadai resiko tinggi bagi keslamatan pelayaran yang menggunakan perahu nelayan untuk memperhatikan kecepatan angin dengan  di atas 15knot dan gelombang dengan ketinggian diatas 1,25m. Untuk kapal tongkang waspadai angin dengan kecepatan 16knot dan tinggi gelombang di atas 1,50m. Kapal Ferry kecepatan angin 21knot dan gelombang di atas 2,5m. Kapal ukuran besar separti kapal kargo dan kapal pesiar waspadai kecepatan angin 27knot dan tinggi gelombang di atas 4m.

Dari peringatan itu, nelayan di daerah perairan Barat Sumatra, selatan Jawa, Bali, NTB, NTT dan daerah lainya, agar mempertimbangkan kondisi tersebut sebelum melakukan pelayaran.

Sampai himbauan ini di terbitakan di perairan laut selatan, di informasikan oleh group media washapp para jurnalis Blitar Raya kepada deliknews, bahwa perairan laut Tambakrejo Kabupaten Blitar sudah mengalami air laut rop (naik.red) sampai ke permukiman penduduk hingga 10cm.

Pos terkait

loading...