STAIN Gajah Putih Bersiap Menjadi IAIN

Aceh Tengah- Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon Kabupaten Aceh Tengah, Propinsi Aceh sedang bersiap untuk transformasi kelembagaan menjadi Institute Agama Islam Negeri (IAIN).

Persiapan yang dilakukan oleh pihak kampus dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) membahas draft organisasi dan tata laksana IAIN yang berlangsung di Gedung Biro STAIN Gajah Putih, Sabtu (28/07).

Ketua STAIN Gajah Putih, Zulkarnain mengatakan pihaknya bersama Pemerintah Daerah sudah mengusulkan perubahan status menjadi IAIN sejak 2015 lalu.

“Dari sekarang kita sudah persiapkan langkah untuk menjadi IAIN dan seluruh Stake Holders terkait kita ajak diskusi guna menyongsong peralihan status nantinya,” ungkap Zulkarnain.

Bupati Aceh Tengah sekaligus Ketua Dewan Penyantun STAIN Gajah Putih, Shabela Abubakar menilai kegiatan FGD sebagai satu tindakan visioner yang memandang jauh kedepan.

“Bagaimana kita mempersiapkan transformasi STAIN menjadi IAIN, mulai dari penamaan IAIN dan lain-lain yang dianggap perlu dan penting dipersiapkan dari sekarang,” ungkap Shabela.

Orang nomor satu di Aceh Tengah tersebut menegaskan, akan memberi dukungan penuh terhadap kebutuhan yang disyaratkan dalam proses tranformasi STAIN Gajah Putih menjadi IAIN, sejauh tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sejalan dengan transformasi STAIN ke IAIN, harapan kami pihak kampus juga harus terus mengimbangi status tersebut dengan pengelolaan pendidikan yang lebih maju,” kata Shabela. (*)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
ADVERTISEMENT
Login Areal