Senin, 30 Juli 2018 - 19:05 WIB

Kesal Dibiarkan Rusak, Ratusan Warga Blokir Jalan Alue Mirah

Aceh Utara – Diperkirakan lima ratus warga Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara Propnsi Aceh melakukan aksi blokir ruas jalan Alue Mirah –perbatasan Kecamatan Langkahan,  Senin (30/07/2018) sebagai bentuk protes terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara yang membiarkan jalan tersebut rusak selama bertahun –  tahun terakhir.

Mereka memblokade dengan memasang kandang ayam dan berbagai kayu. Akibatnya, akses jalan yang kerap digunakan oleh warga wilayah itu tak bisa dilewati.

Geuchik Gampong Alue Mirah, Muhammad Mahdi kepada media ini mengatakan,bahwa aksi tersebut merupakan puncak kekesalan warga, soalnya  kerusak jalan ini terus dibiarkan rusak dan tak kunjung diperbaiki. Maka korban kecelakaan lalu lintas akan terus berjatuhan Terlebih, pengendara yang tidak tahu kondisi jalan atau pendatang.

“Warga terpaksa menutup jalan yang menghubungkan antara Gampong Alue Mira dengan perbatasan Kecamatan Langkahan sepanjang 2,5 kilometer karena khawatir terjadi kecelakaan, mengingat jalannya rusak parah,”ujarnya.

Dia mengatakan pemblokiran jalan dilakukan warga secara spontan, dan  di ruas jalan terdapat kubangan tanah sehingga pengendera kerap terjadi kecelakaan.

Ratusan warga yang melakukan aksi memblokade jalan itu berasal dari sejumlah gampong di Kecamatan Tanah Jambo Aye yakni gampong Langkahan, Alue Mirah, Matang Mane, dan Tanjong Punti.. Semula mereka berkumpul di Gapong Alue Mirah.

“Oleh karena itu, kami berharap dengan aksi ini Pemda dapat mendengar tuntutan perbaikan jalan rusak ke wilayahnya,”tuturnya.

Mediasi terkait pemblokiran jalan induk Tanah Jambo Aye dan Langkahan di gampong Alue Mirah, dihadiri  Waka Polres Aut. an. Kompol Edwin Aldro, Kabag Op Polres Aceh Utara, AKP Wahyudi, Kabag Sunda Polres Aceh Utara AKP Samsuddin, Dandramil 14/ TJY Kav Ridwan Gunawan. Kasat Sabara Polres Aceh Utara AKP Zulfitri, Kapolsek Tanah Jambo Aye Iptu. Zulkifli Harahap S. Sos, Para Personil Sabara Polres Aceh Utara, Para Personil Polsek Tanah Jambo Aye.Para Personil Koramil 14 /TJY, Kepala Desa. Alue Mirah. Para Perwakilan Masyarakat Desa. Alue Mirah.

Kapolres Aceh Utara, AKBP.Ian Rizkian Milyardin,S.IK melalui Kapolsek Tanah Jambo Aye,  IPTU.Zulkifli Harahap.S.Sos mengatakan perbaikan jalan Alue Mirah yang bersumber dari dana Otsus.

“Kita akan melakukan perbaikan jalan tersebut apabila   dana Otsus turun,”katanya.

Dia menjelaskan, bahwa kalau masyarakat mau menunggu dana otsus, maka akan dilakukan penimbunan lubang sepanjang jalan yang rusak.

Dalam hal ini, perwakilan masyarakat tidak menerima keptusan Muspika Tanah Jambo Aye dan masyarakat tetap melalukan pemblokiran jalan yang menghubungkan Langkahan dengan Tanah Jambo Aye.

Selanjutnya dimediasi kembali terkait jalan induk tersebut. Dalam pertemuan tersebut disepakati oleh Muspika Tanah Jambo Aye membantu tanah 10 truk untuk menimbun lobang sepanjang jalan rusak di Jalan gampong (Desa). Alue Mirah Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara.

“Akhirnya, kegiatan pembukaan blokade jalan lintas Kecamatan Tanah Jambo dan Kecamatan Langkahan tempatnya di Desa Alue Mirah Kecamatan Tanah Jambo Aye pada pukul 14:10 wib. berjalan aman dan lancar,”tutupnya. (*)

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 170 kali

loading...
Baca Lainnya

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, Kapolresta Tangerang Pimpin Operasi Yustisi

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kembali memimpin Operasi Yustisi bersama...

30 September 2020, 21:46 WIB

Bawaslu Pasaman Akan Bubarkan Kampanye Jika Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Pasaman, – Bawaslu Kabupaten Pasaman akan membubarkan kampanye pasangan calon gubernur/wakil gubernur dan calon bupati/wakil...

 Bawaslu Pasaman rapat koordinasi dengan Forkopimda dan stakeholder, di Lubuk Sikaping, Rabu (30/9/20).

30 September 2020, 13:10 WIB

Bawaslu Pasaman Akan Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Pasaman, – Bawaslu Kabupaten Pasaman bersama tim atau unsur terkait akan menertibkan Alat Peraga Kampanye...

 Ketua Bawaslu Pasaman Rini Juita (jilbab merah) saat rapat koordinasi dengan Forkopimda dan stakeholder, di Lubuk Sikaping, Rabu (30/9/20).

30 September 2020, 12:02 WIB

Mahasiswa PSDKU unsiyah Kampus Blangnangka Orasi Damai Ke DPRK Gayo Lues.

Sebanyak 20 Orang Perwakilan  Mahasiswa PSDKU Universitas Siyah Kuala Kampus Belang Nangka Kabupaten Gayo Lues...

30 September 2020, 02:10 WIB

Kapolresta Tangerang Pimpin Operasi Yustisi, 72 Pelanggar Disanksi Masuk Ambulan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi memimpin Operasi Yustisi bersama Pemkab...

29 September 2020, 23:21 WIB

Kapolresta Tangerang Bina Komunitas Jadi Pelopor Pelaksanaan Protokol Kesehatan

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kembali melaksanakan pembinaan komunitas untuk...

29 September 2020, 23:14 WIB

loading...