Senin, 6 Agustus 2018 - 08:36 WIB

Peringati Hari Jadi Kabupaten Blitar Ke – 694 Dengan Upacara Pisowanan Agung

Blitar – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Blitar ke-694 dilaksanakan dengan Upacara Pisowanan Agung. Upacara prosesi ini, diawali dengan upacara di Alun-alun Blitar, Minggu (05/08/2018) Pagi WIB, Sedangkan semua peserta upacara diwajibkan menggunakan pakaian tradisional atau adat Jawa.

Peserta upacara tersebut, di ikuti seluruh Kepala Desa/Lurah, Camat, Perangkat Desa/Kelurahan, Ketua BPD/FMK, Ketua LPMK/LPPD, masyarakat dan unsur pendidikan se-Kabupaten Blitar. Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo bertindak selaku inspektur upacara.

Prosesi arak – arakan panji-panji desa/kelurahan/kecamatan yang dipimpin oleh Camat masing – masing, di arak menuju Pisowanan Agung Dan barisan terdepan sendiri membawa Persemayaman kitab sejarah dan panji Lambang Daerah, selanjutnya Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo menyerahkan kepada Bupati Blitar, Rijanto di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro.

Barisan belakang setelah rombongan pengiring panji-panji tersebut, diusung dua tumpeng raksasa yang di tandu oleh beberapa orang. Adapun tumpeng yang diusung mempunyai makna, yaitu tumpeng lanang yang terbuat dari nasi kuning lengkap dengan laup pauknya, serta tumpeng wadon yang terbuat dari buah-buahan.

Maksut dua tumpeng tersebut sebagai lambang ungkapan rasa sukur atas kemakmuran yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada masyarakat Blitar. Selain itu sekaligus sebagai perwujudan doa agar datangnya musim kemarau kali ini tidak berkepanjangan dan segera turun hujan, sehingga hasil panen melimpah ruah.

Usai prosesi Pisowanan Agung, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM pada kesempatanya mengatakan bahwa, pada Hari Jadi Blitar ke-694 ini, kegiatan yang menonjol adalah adanya kirab kitab hari jadi, lambang daerah, dan obor yang melambangkan semangat.

Lebih lanjut Bupati Blitar menyampaikan bahwa agenda kirab nantinya akan dilakukan di titik-titik bersejarah, diawali dari Pendopo Ronggo Hadinegoro menuju Candi Penataran, kemudian ke Bukit Pertapaan, diteruskan ke Candi Simping, kemudian ke Gong Kyai Pradah, diteruskan ke Candi Sawentar, dan Pendopo Sasana Adhi Praja di Kanigoro.

“Obor Asian Games 2018 merupakan lambang semangat bagi cabor- cabor kita, dengan harapan bisa mengukir tinta emas. Dengan hari jadi ini, kita maknai dengan semboyan dan spirit huruf hambangun praja, huruf bisa diartikan api yang menyala-nyala sebagai semangat yang menggelora untuk membangun daerah,” kata Rijanto.

Di kesempatan yang sama, Bupati Blitar mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangun daerah. Selain itu juga mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Semua stakholder harus memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

Sesuai tema, Dengan Semangat Hari Jadi Blitar ke-694 dan Hari Kemerdekaan RI ke-73 Tahun 2018, Kita Tingkatkan Prestasi Kerja dan Pelayanan Publik Menuju Masyarakat yang Lebih Sejahtera, Maju, dan Berdaya Saing. maka Bupati Blitar berharap kedepan pelayanan Pemerintah Kabupaten Blitar bisa semakin baik dan berkualitas, baik dalam menyelenggarakan pemerintahan serta memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun dalam memenuhi kewajiban yang lain seperti bidang kesehatan dan pendidikan.

“Tahun ini kita mengejar prestasi, tentunya dengan membangun pemerintahan yang baik. Selama 2 kali berturut-turut kita mendapat predikat WTP dari BPK. Kemudian penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Padapa pada 2016 meningkat menjadi  Swasti Bapa Wiwerda pada tahun ini. Yang terbaru, penghargaan Kabupaten Layak Anak yang kita peroleh meningkat menjadi madya,” tandas Bupati Blitar (red,adv/humas)

Artikel ini telah dibaca 190 kali

loading...
Baca Lainnya

KPU Tuban Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati – Wabup

Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar Launching dan Pengambilan Nomor Urut Pasangan...

24 September 2020, 21:32 WIB

Bantu UMKM Klaster Perikanan Untuk Berkembang, SIG Berikan Bantuan Modal dan Pendampingan

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berupaya meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha...

19 September 2020, 03:28 WIB

Bupati Tuban Perpanjangan Pembatasan Jam Malam

Tuban – Bupati Tuban, H Fathul Huda, memperpanjang pembatasan jam malam di seluruh wilayah Bumi...

15 September 2020, 20:39 WIB

Pengurus Pusat KBPPAL Harus Bisa Bersinergi Dengan Mabes TNI AL

Surabaya – Kopdar kecil-kecilan para inisiator KBPPAL (Keluarga Besar Putra Putri Angkatan Laut) dari Jakarta,...

13 September 2020, 21:48 WIB

HUT FKPPI ke 42, Anggota PD XIII FKPPI Jatim Menggelar Donor Darah

Surabaya – Untuk menyambut HUT FKPPI ke-42, Pengurus PC 1330 KB FKPPI Surabaya menggelar bhakti...

13 September 2020, 12:49 WIB

SIG Manfaatkan Lahan Pascatambang Tanah Liat di Tuban Menjadi Kebun Pisang Cavendish

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memanfaatkan kawasan lahan pascatambang tanah liat Pabrik...

10 September 2020, 15:17 WIB

loading...