Selasa, 7 Agustus 2018 - 14:26 WIB

213 Mahasiswa Umuslim disebar ke Masyarakat

Bireuen –  Sebanyak 213 mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan yang berasal da1\o651ri enam fakultas,  mulai disebar  ke 32 desa  di Kecamatan Samalanga dan juga Simpang Mamplam untuk melaksanakan  Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM).

Serah terima peserta KKM dilakukan  Wakil Rektor  I Umuslim Dr Hambali, SE,M.Pd kepada Pemerintah Kabupaten  Bireuen diterima  asisten I Mursyid,SP, selanjutnya diserah ke Camat Samalanga Jamaluddin dan Simpang Mamplam Mursyidi, Senin (6/8) pagi dilapangan kantor pusat pemerintahan Cot Gapu.

Wakil Rektor I umuslim Dr.Hambali, SE,MPd mengatakan  tolok ukur keberhasilan kegiatan ini adaalh dapat  memberikan nilai tambah bagi pendewasaan mahasiswa calon pemimpin dan pengabdi di masyarakat, tercipta dan meningkatnya jiwa pengabdian ilmu dan partisipasi aktif mahasiswa, dosen dalam membangun desa atau gampong dan juga menambah pengalaman ilmu nyata di masyarakat, sehingga terjadi penguatan kemampuan intelektualnya.

“Bagi mahasiswa agar dapat beradaptasi dengan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sebagaimana telah direncanakan, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya serta memiliki nilai tambah dalam membantu bersama membangun masyarakat ke arah yang lebih baik,”pesan Dr Hambali,SE,MPd.

Di samping itu juga, agar terjalin hubungan emosional yang erat antara Pemda dan Umuslim dan mudah-mudahan program KKM ini dapat membawa multi manfaat dan harapan-harapan, sebagaimana yang kita inginkan, kiranya terlaksana dengan baik, lancar dan sukses.

Bupati Bireuen melalui asisten 1 Mursyid, SP dalam arahanya menyampaiakan dengan ada penempatan mahasiswa KKM sangat membantu kami dalam rangka pembinaan bersama muspika, tokoh masyarakat, juga cerdik pandai, tentang dana desa.

“Mari sama-sama kita melakukan pembinaan sesuai dengan disiplin ilmu dapat membantu perangkat desa dalam pengelolaan manajemen keuangan desa sehingga masyarakat dapat terhindar dari hal-hal tidak diinginkan terjadi,” pesannya.

Mahasiswa juga diingatkan menjaga adat istiadat apalagi kedua kecamatan tersebut daerah santri, jaga kekompakan antara sesama aparatur, pembimbing dan juga nama baik Umuslim, sehingga terwujudnya tujuan kegiatan sebagaimana diharapkan.

“Sedangkan bagi Camat diharap agar dapat membina adik-adik mahasiswa yang kami serahkan ini dan dimana ada kekurangan bisa diperbaiki bersama dan kehadiran mahasiswa juga diharap dapat membantu muspika dalam memeriahkan HUT RI ke 73,”tutup Mursyid,SP.

Ketua Bapel KKM umuslim Drs.Syarkawi,M.Ed menyampaiakn peserta KKM angkatan XVII tahap I tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 213 orang.

Terdiri dari Fakutas Pertanian (FP) 56 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 66 orang, Fakultas Teknik (FT) 25 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) 46 orang, Fakultas Ekonomi (FE) 7 orang dan Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) 13 orang.

“Mereka KKM di 32 kampung  di dua kecamatan satu desa akan ditempatkan antara 6-7 mahasiswa mereka akan mengabdi selama 37 hari,”ungkap Syarkawi.

Satu minggu sebelum berakhir dilakukan monitoring dan evaluasi oleh pimpinan Rektorat dan Dekanat Universitas Almuslim, lapor Drs. Syarkawi,M.Ed.

Menurut informasi Camat Samalanga Jamaluddin ditanyai  merincikan 16 desa lokasi KKM yakni Masjid Baro, Batee Iliek, Pulo Baroh, Matang Wakeuh, Darussalam, Matang Jareung, Matang, Cot Mane, Alue Barat, Cot Siren, Ulee Alue, Geulumpang Payong, Gampong Meulum, Cot Meurak Baroh, Cot Meurak Blang dan Meurah.

“Mahasiswa diharapkan bisa berkontribusi bagi desa dan masyarakat baik dibidang pendidikan, administrasi, menggrakkan pertanian menanam padi serentak, penanggulangan hama sehingga mampu tingkatkan produksi dan perekonomian,”paparmya.

Camat Simpang Mamplam Mursyidi   merincikan lokasi KKM mahasiswa umuslim yaitu di 16 desa meliputi Gle Meundong, Ie Rhop Babah Lueng, Ie Rhop Timu, Ie Rhop Barat, Pulo Drien, Ie Rhop Geulumpang, Ceurucok, Meunasah Barat, Lhok Tanoh, Krueng Meuseugop, Meunasah Mamplam, Meunasah Dayah, Pulo Dapong, Blang Tambue, Keude Tambue, Tambue Barat.

 

Artikel ini telah dibaca 172 kali

loading...
Baca Lainnya

Jumlah Pasien Covid-19 Meningkat, Kapolres Kembali Tinjau Kesiapan RSUDMAK

Gayo Lues-Menindak lanjuti Instruksi Kapolda Aceh untuk melihat kondisi  RS dalam penanganan Pasien Covid-19 dan...

28 September 2020, 23:07 WIB

Kapolresta Tangerang Bagikan 1000 Madu untuk Anggota Polres dan Polsek Jajaran

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membagikan 1000 botol madu kepada...

28 September 2020, 21:23 WIB

Diduga Manipulasi Anggaran Mamin, Program 1000 hafizd Gayo Lues Terancam Gagal

Jakarta – mencuatnya dugaan manipulasi anggaran untuk makan minum 1000 santri kabupaten Gayo Lues selama...

28 September 2020, 20:54 WIB

Sertifikat Ganda Lahan Diklaim BPD Bali, Ini Penjelasan BPN Denpasar

Denpasar – Sengketa lahan sertifikat ganda yang berbuntut penguasaan lahan seluas 3,85 are dilakukan Bank...

Ruang Penyimpanan Warkah BPN Denpasar.

28 September 2020, 20:24 WIB

Operasi Yustisi, Puluhan Masyarakat Tidak Bermasker Disanksi Polsek Balaraja

TANGERANG – Upaya pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan terkait COVID-19 gencar dilakukan jajaran Polsek...

27 September 2020, 20:33 WIB

Cerita Polsek Balaraja Sanksi 33 Pengendara Tidak Kenakan Masker

TANGERANG – Jajaran Polsek Balaraja Polres Kota Tangerang Polda Banten gencar melaksanakan kegiatan pendisiplinan masyarakat...

27 September 2020, 20:28 WIB

loading...