Jumat, 10 Agustus 2018 - 00:49 WIB

Mengatasi Ujaran Kebencian, Media Delik Hukum Adakan Seminar

Blitar – Ujuran kebencian ( Hate Speech ), merupakan ujaran yang dapat merusak harkat dan martabat sesorang, golongan dan ras , yang dapat menimbulkan kebencian secara kolektif, hal itu dijabarkan oleh Brigjen. Pol. Dr. Drs. Agung Makbul.,SH., MH. selaku Kepala Biro Penyusunan dan Penyuluhan Hukum Divisi Hukum Mabes Polri pada acara Seminar Kebangsaan yang digelar oleh Media Delik Hukum, Kamis (9/8/18) di Wisata Kampoeng Coklat Blitar.

Menurut ketua panitia Sutrisno SH melalui Sumantoro SH selaku staff ahli media delik hukum bahwa, Acara ini digelar dengan tajuk menjaga persatuan bangsa dengan pencegahan ujaran kebencian dan proses penegakan hukum kejahatan cyber crime via media sosial, dimana menurut Suman lewat seminar yang diadakanya telah membantu Great Pemerintah dalam mensosialisasikan Peraturan Polri terkait Undang – undang IT.

“ dalam hal ini media delik hukum berupaya menjadi yang terdepan dalam mensosialisasikan  peraturan – perturan pemerintah, khususnya peraturan yang dikeluarkan oleh Produk Polri, dan kegiatan ini sudah kita lakukan di 10 kota besar propinsi mulai dari aceh sampai hari ini blitar “ tutur suman.

Tambahnya, adapun peserta yang telah mengikuti seminar ini, meliputi seluru jajaran pimpinan setingkat kasat dan kapolsek di tambah satu orang mewakili setingkat kanit baik dari polres kota blitar maupun polres blitar, unsur  pendidikan mulai kepala UPTD sampai kepala sekolah dan juga umum dari tokoh masyarakat serta beberapa awak media blitar raya.

“ kegiatan ini sengaja kita datangkan nara sumber dari mabes polri bagian devisi hukum, yang mana media kami merupakan sarana penyebaran informasi masalah peraturan hukum baik untuk umum maupun di tubuh kalangan sendiri kepolisian, agar paham bagaimana cara pencegahanya, sebelum penerapan pasal di berlakukan “ ,imbuhnya.

Masih dalam hal yang sama, Agung Makbul selaku nara sumber pada acara seminar ini, dalam kesempatanya, menerangkan bahwa pentingnya sebuah ujaran kebencian harus di lakukan pencegahan sebelum terjadinya tindakan hukum yang dilakukan oleh aparat penegak hukum.

“ polri sudah melakukan perombakan secara besar – besaran, dalam hal penegakan supremasi hukum, tentunya di tubuh aparat penegak hukum di kalangan kita sendiri harus faham dan tahu bagaimana cara mengatasinya. Dengan semboyan polisi mitra masyarakat dan polisi pengayom masyarakat “, tandasnya.

Terahir, terkait yang diatas penerapan pasal pelaku dugaan tindakan ujuran kebencian terhadap pemerintah dan lambang negara serta golongan akan di kenakan pasal 154 – 147, terhadap kegiatan,petugas agama dan benda ibadah pasal 175 – 177, menghina penguasa/badan hukum pasal 207 – 208, menghina/menyerang/mencemarkan/menfitnah seseorang pasal 310 – 321 KHUP. Dengan itu bahwa mensikapi hate speech/ujaran kebencian dalam melaksanakan tindakan harus secara preemtive (red.pembinaan), preventif (red.pencegahan) dan sebelum diberlakukan represife ( red.penegakan).

Artikel ini telah dibaca 606 kali

Baca Lainnya

Wihadi Anggota DPR RI Merayakan HPN-75 Bersama Insan Pers Tuban

Tuban, Jatim, deliknews – Wihadi Wiyanto Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra, menggelar ngopi (minum...

17 Februari 2021, 20:35 WIB

Sangat Langka, Kajari Tuban “Turun Gunung” Bagi Pelita Masyarakat

Tuban, Jatim, deliknews – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tuban, Bambang Dwi Murcolono, S.H,, M.H.,dengan tetap...

16 Februari 2021, 17:19 WIB

Tasyakuran HPN Ke-75, Kapolres Tuban Ajak Pers Bersatu Lawan Covid-19

Tuban – PWI Tuban mengadakan tasyakuran dalam memperingati HPN ke 75 di kondisi pandemik Covid-19...

9 Februari 2021, 14:03 WIB

Peringati HPN Ke-75, PWI Cabang Tuban Gelar Donor Darah

Tuban, Jatim, deliknews – Dalam rangka memperingati Hari Pres Nasional (HPN) ke 75 tahun 2021,...

5 Februari 2021, 10:37 WIB

SIG Serahkan Bantuan Untuk Tenaga Medis Rumah Sakit dan Puskesmas di Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memberikan apresiasi kepada tenaga medis yang terlibat...

23 Desember 2020, 16:44 WIB

Hindari Denda, KPP Tuban Himbau Taat Pajak

Tuban – Para Wajib Pajak diingatkan kembali untuk segera melunasi utang pajak yang belum dibayar...

18 Desember 2020, 13:04 WIB

loading...