Rabu, 5 September 2018 - 12:45 WIB

Rupiah Keok, Jokowi kambing hitamkan ini

Jakarta – Presiden Joko Widodo menyatakan pelemahan nilai tukar rupiah belakangan banyak disebabkan oleh faktor global.

Faktor utama yang ia sebut menjadi biang kerok pelemahan mata uang garuda adalah perang dagang yang digongkan Amerika Serikat dan juga krisis ekonomi di sejumlah negara berkembang, seperti Turki dan Argentina.

Indonesia dan rupiah terkena imbas dari permasalahan ekonomi tersebut. Sebab, memang tidak banyak faktor internal yang membuat nilai tukar rupiah melemah dalam.

Meskipun demikian, ia tak mau jajarannya tinggal diam. Ia tidak ingin masalah tersebut ikut menekan kondisi ekonomi dalam negeri.

Oleh karena itu, ia memerintahkan semua menterinya untuk mencari cara agar imbas negatif dari masalah ekonomi global tersebut tidak semakin memukul ekonomi dalam negeri dengan menggenjot ekspor dan investasi. Ia juga memerintahkan para pembantunya segera membenahi masalah kronis ekonomi dalam negeri, seperti defisit neraca transaksi berjalan.

Pada kuartal II 2018, defisit sudah mencapai 3 persen dari PDB. Jokowi memberikan waktu setahun pada para menterinya untuk mengatasi masalah tersebut.

“Kuncinya untuk mengatasi itu, ya investasi dan ekspor yang harus meningkat. Kalau ini bisa diselesaikan, masalah selesai,” katanya, Rabu (5/9).

Nilai tukar rupiah merosot dalam pada perdagangan Selasa (4/9) kemarin. Rupiah diperdagangkan di atas Rp14.900-an per dolar AS.

Dengan pelemahan kemarin, sejak awal tahun rupiah sudah anjlok lebih dari 10 persen. Agar masalah tersebut tidak berlarut-larut, ia juga meningkatkan koordinasi dengan tim ekonominya.

“Saya terus melakukan koordinasi fiskal, moneter, dengan industri, pelaku usaha dan saya kira semua sudah segaris,” katanya.

Artikel ini telah dibaca 77 kali

Baca Lainnya

Kapolres Barito Timur Lakukan Pengecekan Posko PPKM Skala Mikro

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Guna menekan penyebaran dan penularan di masa pandemi Covid-19, Kapolres...

26 Februari 2021, 14:03 WIB

Hasil Rapat, Kades Umanen Lawalu Membagikan Pupuk Bersubsidi ke Petani Sesuai RDKK

Malaka, NTT, deliknews – Kades Umanen Lawalu mengadakan rapat membahas pupuk bersubsidi dengan warga desa...

26 Februari 2021, 13:57 WIB

Soal Dugaan Prostitusi, Kapolresta Padang Bantah Adanya Laporan Hotel Ibis

Padang, – Kapolresta Padang, Kombes Pol Imran Amir mengatakan bahwa pihaknya belum ada menerima laporan...

26 Februari 2021, 07:39 WIB

Berhasil Ungkap Kasus dan Berkinerja Baik, 25 Personel Polresta Tangerang Diberi Penghargaan

TANGERANG – Sebanyak 25 personel Polresta Tangerang diberi penghargaan atas keberhasilan mengungkap kasus dan memiliki...

24 Februari 2021, 23:10 WIB

Dedikasi dan Loyalitas Yanmas, Polresta Tangerang Raih Penghargaan Trust Award

TANGERANG – Polresta Tangerang Polda Banten menyabet penghargaan Trust Award dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian...

24 Februari 2021, 23:03 WIB

Sukseskan PPKM untuk Tekan Angka Covid-19, Polresta Tangerang Lakukan Ini

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten kembali melaksanakan kegiatan pembagian masker dan Operasi Yustisi,...

24 Februari 2021, 22:56 WIB

loading...