Jawa Timur

Semarak, Larung Sesaji Di Pantai Serang

Blitar – Memasuki Tahun Baru Hijriyah 1440 atau biasa dikenal dengan 1 muharam, Bupati Blitar Rijanto bersama ribuan warga dari berbagai daerah Blitar maupun luar daerah tampak sangat antusias mengikuti prosesi ritual tahunan di pantai selatan, yaitu Larung sesaji di Pantai Serang Kecamatan Panggungrejo, Kamis (13/9/18).

Berbagai macam sesaji yang terbuat dari hasil bumi seperti sayur dan buah – buahan yang kemudian dibentuk gunungan besar. selanjutnya gunungan itu diarak keliling desa setempat dengan di iringi gamelan serta gending – gending jawanya, tampak sakral pada prosesi larung sesaji tersebut.

Sedangkan gunungan besar itu tadi ada dua, yang satu dinamakan gunungan lanang (red,Laki – Laki) dan satunya lagi dinamakan gunungan wedok (red,Perempuan), kemudian gunungan tersebut di bawa dengan menaiki perahu yang di ikuti puluhan perahu lainya yang berada dibelakngnya kemudian di larung ke tengah laut.

Sementara itu, menurut Bupati Blitar Rijanto dalam sambutanya mengatakan, bahwa acara ritual larungan sesaji ini merupakan ungkapan rasa puji syukur kepada Yang Maha Kuasa atas diberikannya hasil bumi yang melimpah serta anugrah kesehatan dan keselamatan bagi masyarakat setempat, dan juga warga Blitar secara keseluruhanya.

” agenda ini merupakan agenda ruti tahunan yang diselenggarakan Pemkab Blitar bersama warga dan Pemeritah Desa Serang, dimana selain bentuk ungkapan rasa puji syukur dan juga supaya mengangkat potensi wisata pantai serang yang akhirnya bisa menjadi nilai tambah ekonomi warga setempat ” ucapnya.

Selain itu, Dwi Handoko selaku Kepala Desa Serang menambahkan, ” ini wujud ucapan syukur kita dimana warga nelayan diberikan hasil tangkapan ikan yang melimpah dan juga diberikan anugrah keselamatan saat harus melaut,” kata Dwi saat usai acara.

Terakhir, tidak hanya prosesi larung sesaji aja dalam agenda itu, tetapi masih banyak yang dapat dinikmati seperti lomba patung pasir, lomba layang – layang dan lebih asyik lagi ditonton pagelaran musik jazz yang di datangkan dari band – band papan atas.

loading...

Related Articles