Senin, 24 September 2018 - 21:23 WIB

Mahasiswi Azerbaijan Nilai Kemajuan Indonesia Setelah Kepimpinan Jokowi

JAKARTA, Deliknews.com – Akademisi, Media, Mahasiswa dan Pengusaha deklarasikan gerakan masyarakat anti Hoax dalam diskusi bersama mahasiswa dengan tema “Mengangkat Harga Diri Bangsa di Kancah Internasional”. Deklarasi ini dilakukan menanggapi maraknya peredaran berita palsu alias hoax di media sosial di Indonesia belakangan ini.

Kegiatan deklarasi diadakan pada sela-sela diskusi nasional di Café&Resto Dapoer Darisam, Pasar Minggu, Jakarta, Senin (24/9/2018). Deklarasi ini diharapkan bisa menarik minat masyarakat untuk sosialisasikan berita positif dan tidak menyebarkan berita palsu di media sosial maupun lingkungan masyarakat.

Bambang Purwanto (Redaktur Internasional Antara) sebagai pemateri diskusi menuturkan bahwa menjaga harga diri bangsa Indonesia dapat dimulai dengan tidak menyebarkan konten berita hoax.

“Untuk kemajuan NKRI dan keberlangsungan pembangunan nasional, harus bergotong-royong menyebarkan konten positif yang menumbuhkan optimisme bangsa,” ujar Bambang.

Lebih lanjut, Bastian Zulyeno (Dosen FIB Universitas Indonesia) menambahkan bahwa selain menangkal berita hoax, masyarakat juga harus partisipatif dalam mempromosikan keunggulan Indonesia.

“Masyarakat harus cerdas, bukan hanya menangkal hoax tapi juga partisipatif dalam promosi keunggulan Indonesia agar dapat respon positif di Internasional,” ujar dosen yang sedang melakukan penelitian hubungan masuknya Islam di Indonesia dengan Azerbaijan.

Ade Munadi (Ketua Pelaksana ICF 2018 di Baku Azerbaijan) juga menuturkan bahwa saat ini Indonesia mendapat perhatian dunia lewat suksesnya pelaksanaan Indonesia Cultural Festival 2018 di Baku Azerbaijan.

“Salah satu cara untuk menangkal hoax dan mengangkat harga diri Bangsa Indonesia lewat aktifnya Indonesia menyelenggarakan acara di Internasional salah satunya yaitu Indonesia Cultural Festival 2018 di Baku Azerbaijan” kata Ade.

Disaat pembacaan deklarasi gerakan masyarakat anti hoax, juga turut hadir mahasiswi asal Azerbaijan yang akan melanjutkan studi strata 2 (S2) di ITB, ketika dimintai pendapatnya mengapa memilih Indonesia sebagai destinasi studi selanjutnya, Gulnar Babasesa menyatakan bahwa dirinya jatuh cinta dengan Indonesia.

“Saya jatuh cinta dengan Indonesia, karena Indonesia sangat aman, dilihat oleh pembangunan infrastruktur yang sangat pesat dilakukan oleh bapak presiden (Jokowi) saya makin mantap untuk melanjutkan studi S2 di Indonesia” ujar Gulnar yang berbicara sambil terbata-bata kepada para awak media.

Diharapkan dengan terselenggaranya deklarasi gerakan masyarakat anti hoax, dapat menciptakan kultur yang membangun dan positif kepada pemerintah untuk kedepannya dapat mengayomi dan mengangkat harga diri bangsa Indonesia di kancah Internasional.

Artikel ini telah dibaca 119 kali

loading...
Baca Lainnya

Kapolda Kalteng Memberangkatkan Tim SAR dan Tim Food Estate

Palangka Raya, Kalteng, deliknews – Setelah apel siaga, Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Dedi Prasetyo didampingi...

18 Januari 2021, 21:26 WIB

Lagi, Baharkam Polri ungkap 25 Ton Pottasium Chlorate untuk Bom Ikan

SURABAYA – Puluhan ton bahan peledak untuk bom ikan diamankan polisi dari sebuah gudang di...

18 Januari 2021, 17:49 WIB

Kesaksian Petugas Damkar Dengar Suara Minta tolong Saat Pencarian SJ182

Jakarta – Video petugas Damkar Kepulauan Seribu saat mencari korban jatuhnya Sriwijaya Air mendadak viral...

Petugas gabungan meletakkan serpihan pesawat di Posko Evakuasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta - Pontianak di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu, 10 Januari 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

17 Januari 2021, 23:43 WIB

Masyarakat Adat Papua Dukung Vaksinasi Covid-19

Oleh : Abner Wanggai Vaksinasi corona nasional sudah dimulai di Indonesia, termasuk di Provinsi Papua...

17 Januari 2021, 22:02 WIB

Literasi Nilai-Nilai Pancasila di Medsos Cegah Radikalisme

Oleh : Aldia Putra Organisasi radikal terus bergerilya walau statusnya telah dibubarkan. Mereka menggunakan media...

17 Januari 2021, 21:41 WIB

Pemerintah Siapkan Draft Aturan Turunan UU Cipta Kerja

Oleh: Deka Prawira Saat ini, Pemerintah Pusat masih tetap menyerap aspirasi masyarakat dalam menyusun aturan...

17 Januari 2021, 21:13 WIB

loading...