Selasa, 25 September 2018 - 06:12 WIB

Perlu Di Contoh, Pawai Seni Dan Budaya Kelurahan Kalipang Penuh Kreativitas Dan Spektakuler

Blitar – Bersih Desa, adalah identik dengan diadakanya pagelaran – pagelaran seni dan budaya. hal ini dilakukan oleh Kelurahan Kalipang kecamatan Sutojayan dengan menggelar Pawai Budaya Bersih Kelurahan, yang diselenggarakan pada,Minggu pagi (25/09/18) dan di ikuti kurang lebih 6000 peserta dari seluruh warga yang ada dilingkungan setempat.

Berbagai macam kreativitas dari tiap – tiap lingkung RT di pertotonkan, sehingga membuat animo masyarakat baik dari daerah setempat maupun lain daerah merasa betah mengikuti jalanya pagelaran tersebut.

Di samping itu tak hanya sekedar pawai saja, yang biasanya orang atau mobil hanya berjalan. namun yang lebih menarik lagi adanya pertunjukan atraksi ” Treatical ” dari konsep apa yang ditampilkan dari masing – masing peserta.

Foto : Salah satu peserta dengan adat Madura, yang nantinya mempertunjukan treatikal dengan lakon ” sarip tambakyoso “

Berbagai konsep yang di pertotonkan dari lingkungan setempat bermacam – macam adat – istiadat dari berbagai daerah, seperti adat istiadat daerah madura, yang mana nantinya akan mempertujukan Treatikal cerita dari tokoh daerah itu sendiri dengan lakon yaitu ” sarip tambakyoso “, salah satunya lagi dan yang menarik adalah triatrikal “maling kundang”.

Foto : perahu besar dan beberapa prajurit, begitulah treatikal ” maling kundang ” dipertotonkan

Di lokasi Lurah Kalipang Anob Subianta, mengatakan, Kegiatan Pawai budaya ini merupakan awal kegiatan dari rangkaian acara Bersih Kelurahan yang sudah diawali dengan Kerja Bakti, Pengajian Umum, Tasyakuran, Napak tilas keliling kampung, Nyadran atau ziarah makam sesepuh Menurut Anob. Kegiatan Bersih desa ini, merupakan wujud rasa syukur masyarakat Sutojayan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan para leluhurnya sekaligus mengeratkan tali silaturahim diantara sesama warga.

“ini merupakan ungkapan rasa syukur warga Kalipang atas segala limpahan rejeki, kemudian ini juga sebagai wujud silaturahmi sesama warga, sekaligus ungkapan terima kasih kepada sesepuh pendiri Kalipang”, ujar Anob disela-sela kegiatan Pawai.

Sementara itu, Salah Seorang Tokoh Masyarakat Sutojayan yang juga Selaku paniti Kegiatan Bambang Tribawono mengatakan, kegiatan bersih kelurahan ini perlu dilestarikan, karena selain menjadi destinasi wisata dam hiburan masarakat, juga bisa menumbuhkan rasa kegotong-royongan diantara warga pedesaan yang mulai luntur.

“Kalau dibandingkan dengan pawai pemerintah daerah sama hebatnya, padahal ini tingkat kelurahan, sehingga dengan adanya kegiatan bersih kelurahan ini bisa menumbuhkan kegotong-royongan yang sudah mulai luntur, sehingga perlu diteruskan dan disempurnakan sehingga bisa menarik wisatawan”, ujar Bambang.

Perlu di ketahui, Pawai Budaya Bersih Kelurahan Kalipang, mengambil start lapanga brubuh di berangkatkan oleh Camat Sutojayan Rustin dan finish di kawedanan Lodoyo Iring-iringan pawai ditutup oleh kereta kencana yang ditumpangi para tokoh masyarakat dan para lurah yang pernah memimpin di kalipang.

Artikel ini telah dibaca 403 kali

loading...
Baca Lainnya

SIG Kerjasama dengan Balitjestro Budidayakan Tanaman Buah di Lahan Green Belt Pabrik Tuban

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan...

28 September 2020, 15:50 WIB

KPU Tuban Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati – Wabup

Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar Launching dan Pengambilan Nomor Urut Pasangan...

24 September 2020, 21:32 WIB

Bantu UMKM Klaster Perikanan Untuk Berkembang, SIG Berikan Bantuan Modal dan Pendampingan

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berupaya meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha...

19 September 2020, 03:28 WIB

Bupati Tuban Perpanjangan Pembatasan Jam Malam

Tuban – Bupati Tuban, H Fathul Huda, memperpanjang pembatasan jam malam di seluruh wilayah Bumi...

15 September 2020, 20:39 WIB

Pengurus Pusat KBPPAL Harus Bisa Bersinergi Dengan Mabes TNI AL

Surabaya – Kopdar kecil-kecilan para inisiator KBPPAL (Keluarga Besar Putra Putri Angkatan Laut) dari Jakarta,...

13 September 2020, 21:48 WIB

HUT FKPPI ke 42, Anggota PD XIII FKPPI Jatim Menggelar Donor Darah

Surabaya – Untuk menyambut HUT FKPPI ke-42, Pengurus PC 1330 KB FKPPI Surabaya menggelar bhakti...

13 September 2020, 12:49 WIB

loading...