Rabu, 17 Oktober 2018 - 06:49 WIB

Rumah Sakit Harus Terakreditasi, Ini Masalanya

Blitar – Untuk memenuhi standar pelayanan, maka Rumah Sakit (RS) harus ada pengakuan resmi dari pemerintah yaitu ” Akreditasi “. hal ini dilakukan pada hari Selasa (16/10) di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dalam rangka sosialisasi akreditasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi.

Sosialisasi ini di ikuti oleh 3 RS yang akan diajukan untuk akreditasi yaitu RS Medika Utama, RS Budi mulya dan RS itihad, dimana masih tahap proses klarifikasi.

Selain itu, yang rumah sakit yang sudah terakreditasi menurut Handono selaku Kepala Seksi Bidang Pelayanan Rujukan Dinas kesehatan Kabupaten Blitar ada 4 RS yaitu, RS Aulia mendapat predikat C, RS Ananda, RS Anisa mendapat predikat D, sedangkan RS Ngudi Waloyo milik Pemkab Blitar mendapat predikat B (Bintang lima penuh disebut Paripurna).

” Ada 8 RS yang berada di Kabupaten Blitar, 1 RS milik Pemerintah dan 7 RS milik Swasta. Sedangkan yang sudah mengikuti akreditasi 4 RS yaitu 1 RS milik Pemerintah dan 4 RS Swasta dan kali ini 3 RS Swasta kita siapkan untuk akreditasi di tahun 2018 ini “, jelas Handono.

Mengacu Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Akreditasi Rumah Sakit, ada beberapa persyaratan menurut Dia, yaitu, ” Sarana dan Prasarana harus memenuhi, Tenaga Spesialis Perawat, Bidan dan tenaga lainya harus memenuhi persyaratan dan peralatan penunjang “, tambahnya.

Sedangkan menurut Dr, Sri Utami tutor dalam pembekalan sosialisasi akreditasi dari Dinas Kesehatan Provinsi usai ceramahnya menuturkan bahwa rumah sakit yang terakreditasi harus Untuk memenuhi persyaratan, salah satunya direktur rumah sakit harus seorang medis meliputi dokter umum maupun dokter gigi, Ijin operasional dan ijin lainnya nya harus masih berlaku, termasuk ijin IPAL hingga TPS medis.

Peraturan Mentri Kesehatan (PMK) No 34 Tahun 2017  yang baru ini, rumah sakit itu harus terakreditasi. Pasalnya bila rumah sakit tidak terakreditasi maka tidak bisa memperpanjang ijin opersional “, tutup Utami. (Adv)

Artikel ini telah dibaca 193 kali

loading...
Baca Lainnya

Pengcab IWbA Tuban Menyiapkan 1 Atlet Perkuat Kontingen Jatim di PON 2021

Tuban – Rapat pengurus Cabang (Pengcab) Indonesia Woodball Association (IWbA) Kabupaten Tuban melakukan penyegaran pengurus...

30 September 2020, 16:59 WIB

SIG Kerjasama dengan Balitjestro Budidayakan Tanaman Buah di Lahan Green Belt Pabrik Tuban

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan...

28 September 2020, 15:50 WIB

KPU Tuban Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati – Wabup

Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar Launching dan Pengambilan Nomor Urut Pasangan...

24 September 2020, 21:32 WIB

Bantu UMKM Klaster Perikanan Untuk Berkembang, SIG Berikan Bantuan Modal dan Pendampingan

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berupaya meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha...

19 September 2020, 03:28 WIB

Bupati Tuban Perpanjangan Pembatasan Jam Malam

Tuban – Bupati Tuban, H Fathul Huda, memperpanjang pembatasan jam malam di seluruh wilayah Bumi...

15 September 2020, 20:39 WIB

Pengurus Pusat KBPPAL Harus Bisa Bersinergi Dengan Mabes TNI AL

Surabaya – Kopdar kecil-kecilan para inisiator KBPPAL (Keluarga Besar Putra Putri Angkatan Laut) dari Jakarta,...

13 September 2020, 21:48 WIB

loading...