Blitar = Tidak hanya sekedar bicara namun kerja keras, tindak lanjut misi visi Bupati Blitar dan wakilnya bersama DPMPTSP Kabupaten Blitar menuju lebih sejahtera, sehingga mampu untuk berdaya saing melalui peningkatan investasi daerah. Hal ini terbukti dengan diadakannya forum pertemuan dengan calon investor untuk mengenalkan potensi dan peluang investasi Kabupaten Blitar, Kamis, (1/11) di Hotel Nam Jakarta.

” Peningkatan pertumbuhan ekonomi akan meningkat jika di barengi gerakkan perekonomian masyarakat “, demikian kata orang nomor satu di Kabupaten Blitar pada kesempatannya di forum pertemuan dengan calon investor.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan gathering  atau  pertemuan  dengan calon  investor ini selain mengenalkan potensi investasi di Kabupaten Blitar seperti potensi, sektor pariwisata, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pertanian, peternakan dan sebagainya.

Selain itu, juga untuk meningkatkan investasi baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMA).

Hal yang sama juga di sampaikan Wahyono dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Pusat, upaya pemerintah dalam melakukan perizinan yang terintregasi adalah melalu sistem Online Single Submission (OSS), yang mana pelaksanaannya diatur dalam PP Nomor 24 Tahun 2018.

” upaya pemerintah dalam menyederhanakan Perizinan Berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, serta memberi kepastian hukum. Izin berusaha akan didapat oleh pelaku usaha dalam waktu kurang dari satu jam “, jelasnya.

Perlu diketahui bahwa sesuai data BPS pada Tahun 2017 pertumbuhan ekonomi Kabupaten Blitar mencapai 5,07 dari sebelumnya Tahun 2016 sebesar 5,08. Sektor investasi daerah memberikan kontribusi  yang  signifikan  pada  pertumbuhan  ekonomi  Kabupaten  Blitar. Pada Tahun  2016  kontribusi  sektor  investasi  terhadap  pertumbuhan ekonomi  Kabupaten  Blitar sebesar 27,98 % dan meningkat menjadi 28,26%  pada Tahun 2017.

Melihat keterangan di atas, hal ini menunjukkan bahwa Kabupaten Blitar memiliki potensi dan peluang investasi untuk ditingkatkan.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Satgas Percepatan Berusaha Kabupaten Blitar (OPD terkait), BKPM, Agus Salim DPMPTSP Provinsi Jatim selaku moderator, Ketua Paguyuban Blitar, Agus Suhartono Pelaku usaha dari Blitar yang bergerak di bidang pariwisata, UMKM dan peternak ayam petelur. Juga investor dari Blitar 2 orang dan dari luar Blitar sekitar 62 orang. Ini dari berbagai bidang usaha dan stakeholders terkait. (red)