Jawa Timur

Perampok 7 Kg Emas Berhasil Diringkus Tim Jatanras Polda Jatim

SURABAYA – Subdit III Jatanras Polda Jatim ungkap kasus perampokan 7 (tujuh) kilogram emas, dan uang tunai 200 juta. Terjadi di Jalan Raya Desa Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, pada Selasa (9/10) sekitar pukul 13.00 Wib.

Peristiwa itu menimpa Slamet Hariyanto (43) dan keponakannya Januar Elya Savitri (18) warga Dusun Morasen, Desa Pasongsongan, Kecamatan Sumenep.

Selain luka bacok yang diderita Januar, perampokan itu juga berhasil menggondol emas seberat 7 kilogram yang ditafsir senilai Rp 3,5 miliar serta uang tunai Rp 200 juta rupiah.

Ke-4 (empat) orang anggota komplotan ini berhasil dibekuk Tim Jatanras Polda Jatim, diantaranya SS alias Odi (51), S (39), SB alias Jatim (33), dan KA (56). Keempatnya berasal dari Kabupaten Bangkalan – Madura.

Serta 3 (tiga) orang daftar pencarian orang (DPO), petugas Jatanras telah mengantongi identitas mereka, yakni M, B, dan H.

“Komplotan ini sudah mempelajari kebiasaan korban, mulai pagi sampai siang hari sudah dipelajari sehingga pada saat di pasar pasongsongan para komplotan sudah tahu rutinitasnya,” ujar Kasubdit Jatanras Polda Jatim.

Saat korban bersiap siap untuk pulang dari pasar pasongsongan, ditengah perjalanan mendekati Jalan sepi korban langsung dihadang oleh komplotan tersebut dengan mengendarai 3 (tiga) unit sepeda motor.

“Jadi pemilik toko emas sama ponakannya yang dibonceng arah pulang, begitu jalan sepi langsung dihadang oleh 2 (dua) orang pelaku dan salah satu pelaku menodongkan senjata api sejenis Revolver kedada korban SH, dan pelaku kedua membacok korban JES sehingga korban mengalami luka dibagian lengan kanan,” kata AKBP Leonard M Sinambela.

Setelah itu, pelaku membawa kabur tas warna coklat yang berisi uang tunai Rp 200.000.000, (dua ratus juta rupiah) dan tas travel bag warna merah berisi bermacam-macam perhiasan emas kurang Iebih seberat 7 (tujuh) kilogram. Setelah itu, para pelaku berbelok kearah berlawanan dan melarikan diri.

“Setelah berhasil membawa kabur 7 (tujuh) kilogram emas, pelaku juga berhasil menggondol uang tunai sebesar Rp 200 juta. Begitu mereka sanpai dirumah salah satu tersangka, SB alias Jatim yang terletak di Desa Petenteng, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan. Langsung dibagi, baginya tidak pakai timbangan, diambil begitu saja,” lanjut Leonard.

Menurut AKBP Leonard M Sinambela, para pelaku ini residivis Pencurian dengan Kekerasan sebagai Pemberatan, “ke tiga pelaku sadis yang lagi DPO ini kalau dia mau menyerahkan diri lebih bagus, kalau kita kejar sampai ketemu melawan tembak,” tegasnya. (red, Holydi)

loading...

Related Articles