Sabtu, 10 November 2018 - 12:14 WIB

Ini Dia Beberapa Menu MPASI Pertama Yang Tepat Bagi Bayi 6 Bulan

Pastinya ibu sudah tidak asing lagi dengan istilah MPASI. MPASI ini singkatan dari makanan pendamping ASI yang merupakan makanan pendamping bagi bayi dengan usia kurang dari 6 bulan. Diusianya ini bayi akan tetap mendapatkan ASI yang merupakan asupan utamanya gizinya. Setelah bayi berusia diatas 6 bulan maka bayi diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan sampingannya. Tetapi untuk memberikan MPASI pada bayi ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena aturan diperbolehkannya bayi menerima makanan padat adalah setelah bayi sudah mencapai usia 6 bulan tepat. Jika ibu merasa bingung akan memilih MPASI 6 bulan pertama yang tepat maka kami akan memberikan referensinya. Berikut beberapa resep MPASI 6 bulan pertama yang tepat bagi bayi diantaranya yaitu :

  1. Puree Pisang

Bahan bahan yang diperlukan adalah sebuah pisang manis dengan ukuran sedang. Cara membuatnya adalah dengan menggunakan bagian punggung sendok pisang dikerok, tetapi bagian tengah pisang jangan dikerok. Karena bagian tengahnya itu berasa pahit dan akan membuat bayi mudah terkena sembelit. JIka pisang yang sudah dikerok dirasa kurang halus maka pisan ditekan tekan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Puree Jeruk

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah sebuah jeruk manis dengan ukuran sedang. Cara membuatnya adalah jeruk dicuci bersih dan dikupas, lalu bersihkan serat serat putih jeruk yang berada pada bagian punggung daging jeruk. Lepaskan satu persatu bagian jeruk. Jeruk diperas dengan menggunakan pemeras jeruk lalu untuk memastikan tidak adanya biji yang tertinggal maka saringlah.

  1. Puree Jagung Manis Dan Bayam

Bahan bahan yang diperlukan adalah sebuah jagung manis dengan ukuran sedang, daun bayam 15 lembar, dan air matang 5 sdm. Cara membuatnya adalah jagung manis dan bayam dicuci bersih, lalu rebus jagung manis hingga empuk dan mengeluarkan wangi lalu diserut. Setelah itu bayam dimasukkan didalam air yang mendidih lalu masak selama 10 menit dengan menggunakan api kecil. Lalu bayam dan jagung dicampurkan serta masukkan air matang kedalamnya sebanyak 5 sdm. Kemudian blender hingga halus lalu disaring hingga tidak tersisanya serat serat kasar.

  1. Puree Apel

Bahan bahan yang diperlukan adalah apel manis setengah potong, ASI 50 ml atau air hangat yang dicampurkan dengan susu formula sebanyak 2 sdm. Cara membuatnya adalah apel dicuci bersih lalu kulitnya dikupas kemudian dipotong potong dan dimasukkan kedalam blender. Tambahkan ASI sebanyak 50 ml atau 50 ml air hangat dan susu formula sebanyak 2 sendok takar. Semua bahan itu diblender hingga semua bahan tercampur rata.

  1. Purre Mangga

Bahan bahan yang diperlukan adalah mangga manalagi sebanyak setengah potong. Cara membuatnya adalah buah mangga dicuci bersih lalu kulitnya dikupas dan dipotong potong, kemudian diblender hingga halus.

  1. Puree Pisang Dan Alpukat

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah sebuah pisang, alpukat setengah potong, dan ASI atau susu formula secukupnya. Cara membuatnya adalah pisang dan alpukat dicuci hingga bersih lalu dikupas. Kemudian bagian dalam alpukat dikerok dan pastikan hanya daging buahnya saja yang diambil. Setelah itu masing masing buah diblender dan susu formula ditambahkan kedalamnya lalu diaduk hingga tercampur rata.

Itulah beberapa menu MPASI pertama yang tepat bagi bayi 6 bulan. Dengan membuat MPASI sendiri maka akan dijamin kesehatan dan kebersihannya.

Artikel ini telah dibaca 1286 kali

loading...
Baca Lainnya

Kabaharkam Polri Beri Pembekalan di Apel Kasatwil 2020, Ini yang Disampaikan

JAKARTA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, memberikan pembekalan kepada...

25 November 2020, 22:12 WIB

Laksanakan Apel, Polsek Balaraja dan Muspika Siap Gencarkan Operasi Yustisi

TANGERANG – Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten melaksanakan apel persiapan pelaksanaan Operasi Yustisi, Rabu...

25 November 2020, 21:39 WIB

Camat dan Kapolsek Tigaraksa Serahkan Bantuan Sembako untuk Warga

TANGERANG – Kapolsek Tigaraksa Polresta Tangerang Polda Banten Kompol Sumaedi mendampingi Camat Tigaraksa Rahyuni menyerahkan...

25 November 2020, 21:30 WIB

Cegah Penyebaran Covid-19, Polsek Cikupa Apel Operasi Yustisi

TANGERANG – Jajaran Polsek Cikupa Polresta Tangerang Polda Banten melaksanakan apel Operasi Yustisi, Selasa (24/11/2020)....

25 November 2020, 21:22 WIB

Kapolresta Tangerang Ikuti Apel Kasatwil Secara Virtual, Siap Tegakkan Prokes

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengikuti Apel Kepala Satuan Wilayah...

25 November 2020, 18:10 WIB

Kapolres Majalengka Terima Silaturahmi dan Penghargaan Angkatan Muda Muhammadiyah

MAJALENGKA – Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso didampingi KBO Sat Intelkam IPDA Adeng Menerima...

25 November 2020, 17:48 WIB

loading...