Jakarta – Sekretaris Tim Kemenangan Nasional Jokowi-Ma’aruf Amin Hasto Kristiyanto mengingatkan Prabowo untuk tidak merendahkan profesi apa pun. Hasto merespons pidato Prabowo yang mengindikasikan perendahan profesi terhadap ojek online.

“Apapun profesinya, gojek, tukang ojek, tukang sayur, pedagang keliling itu profesi yang bermartabat,” ujar Hasto kepada para wartawan di Posko Cemara, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (22/11).

Menurut Hasto, hal yang seharusnya dilakukan oleh seorang pemimpin adalah menggelorakan semangat bagi rakyat. Hasto menambahkan profesi apapun bermartabat selama dilakukan dengan tulus.

“Bahkan kami katakan jauh lebih bermartabat dari mereka yang mengemplang utang,” kata Hasto.

Hasto menilai untuk menyampaikan profesi yang bermartabat itu harus diukur dari profesi itu sendiri apakah dilaksanakan dengan baik dan tanggung jawab.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni menilai pidato soal ojek online melecehkan rakyat.

“Tidak boleh mengatakan bahwa eh tukang ojek, eh tukang gorengan, enggak. Menurut saya malah menghina rakyat kita sendiri berusaha dari pagi bangun sampai malam,” ujar dia di Mapolda Metro Jaya, Jakarta