Selasa, 4 Desember 2018 - 20:40 WIB

Bimtek, Urgensi Data Sebagai Pendukung Kebijakan dan Penyusunan Data Spasial. Ini Kata Bupati !!!

Blitar – Bupati Blitar Drs. H. Rijanto MM menjelaskan, pentingnya peran data dan informasi merupakan gambaran yang dapat dijadikan pedoman dalam menentukan arah maupun kebijakan pembangunan yang diharapkan. Saat memberikan sambutan dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Urgensi Data sebagai Pendukung Kebijakan dan Penyusunan Data Spasial Kabupaten Blitar, pada Selasa (4/12/2018) di ruang Candi Sawentar Sekretariat Daerah Kabupaten Blitar di Kanigoro.

Selain itu, menurutnya, perencanaan yang tepat sasaran dan sistem pengawasan yang baik merupakan langkah yang tepat untuk menggerakkan roda pembangunan. Hal tersebut akan sangat mungkin terealisasi jika data dan informasi dijadikan sebagai ujung tombak serta dijadikan parameter untuk merencanakan pembangunan baik jangka pendek, menengah maupun panjang.

” Dalam konteks pembangunan yang akuntabel, akurasi dan validitas, data sangat mutlak diperlukan. Dalam hal ini, untuk mewujudkan pembangunan yang  baik, akuntabel dan berkesinambungan sesuai dengan cita-cita dan harapan masyarakat Kabupaten Blitar, ” tuturnya.

Lebih lanjut, adanya indikator kinerja pembangunan yang harus ditunjang oleh kepastian data dan informasi, dan keinginan untuk meningkatkan kualitas perencanaan melalui penyediaan basis data yang handal dan akurat, serta  jaminan ketersediaan data sektoral. Maka,
Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar telah melakukan upaya upaya untuk membangun data statistik daerah. Salah satunya yaitu dengan menjalin kerjasama dengan instansi vertikal penyedia data statistik secara makro yaitu BPS Kabupaten Blitar.

” Melalui kerjasama ini diharapkan tujuan penyusunan satu data dapat terwujud sehingga dapat mendukung program program Pemerintah Daerah untuk mewujudkan Masyarakat Kabupaten Blitar lebih sejahtera maju dan berdaya saing, ” tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar Eko Susanto ST.MSi,

Foto : Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar Eko Susanto ST. MSi usai memberikan paparan materi pada peserta bimtek.

” Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat mendorong untuk lebih berinovasi di bidang penyajian data dan informasi. Tidak hanya sebagai pelengkap sebuah instansi pemerintah, namun sudah menjadi suatu kebutuhan yang bisa menentukan arah kebijakan dan perencanaan pembangunan, ” ungkapnya.

Lebih rinci lagi, menurut eko, merealisasikan hal tersebut tentunya dibutuhkan data yang lengkap berupa data dan informasi multi sektoral yang bisa didapat baik dari internal dinas, maupun peran stakeholder dan masyarakat.
Perkembangan teknologi informasi seperti computer, gadget serta aplikasi pendukungnya merupakan faktor penunjang cepatnya penyebaran informasi yang bisa dimanfaatkan baik oleh instansi pemerintah sendiri maupun oleh masyarakat luas pada umumnya.

” Sudah kita pahami bersama bahwa data itu mahal, tapi jauh lebih mahal membangun tanpa data. Pemahaman ini yang masih perlu kita tanamkan kepada diri kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Bekerja bersama secara nyata, secara profesional, berintegritas dan amanah, ” tandas Eko.

Terakhir, budayakan bekerja berdasarkan data, hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2017 tentang Satu Data Indonesia. (Kmf) 

Artikel ini telah dibaca 230 kali

loading...
Baca Lainnya

SIG Kerjasama dengan Balitjestro Budidayakan Tanaman Buah di Lahan Green Belt Pabrik Tuban

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan...

28 September 2020, 15:50 WIB

KPU Tuban Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati – Wabup

Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar Launching dan Pengambilan Nomor Urut Pasangan...

24 September 2020, 21:32 WIB

Bantu UMKM Klaster Perikanan Untuk Berkembang, SIG Berikan Bantuan Modal dan Pendampingan

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berupaya meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha...

19 September 2020, 03:28 WIB

Bupati Tuban Perpanjangan Pembatasan Jam Malam

Tuban – Bupati Tuban, H Fathul Huda, memperpanjang pembatasan jam malam di seluruh wilayah Bumi...

15 September 2020, 20:39 WIB

Pengurus Pusat KBPPAL Harus Bisa Bersinergi Dengan Mabes TNI AL

Surabaya – Kopdar kecil-kecilan para inisiator KBPPAL (Keluarga Besar Putra Putri Angkatan Laut) dari Jakarta,...

13 September 2020, 21:48 WIB

HUT FKPPI ke 42, Anggota PD XIII FKPPI Jatim Menggelar Donor Darah

Surabaya – Untuk menyambut HUT FKPPI ke-42, Pengurus PC 1330 KB FKPPI Surabaya menggelar bhakti...

13 September 2020, 12:49 WIB

loading...