Senin, 31 Desember 2018 - 09:30 WIB

Refleksi Malam Tahun Baru

Oleh : Mashudi Darta (Pegiat Media Sosial

Deliknews.com – Penghujung akhir tahun tinggal menghitung detik, banyak diantara masyarakat yang memanfaatkan libur akhir tahun untuk sekedar pulang ke kampung halaman dan merayakan tahun baru bersama keluarga.

Hampir disetiap kota menyambut tahun baru dengan menggelar berbagai pesta seperti konser musik yang diakhiri dengan kembang api. Dan banyak pula yang menggelar berbagai kumpulan di luar kota hanya untuk melihat gegap gempita tahun baru.

Namun sebenarnya perayaan tahun baru yang dilaksanakan secara beramai – ramai ternyata terlalu mainstream, sehingga tidak ada salahnya jika kamu tetap berada di rumah menikmati kesunyian di malam pergantian tahun baru 2019.

Penyambutan pergantian tahun baru sebenarnya hanyalah seremonial yang terlalu dibesar – besarkan. Nyatanya pergantian tahun 2019 hanyalah momentum yang biasa terjadi seperti bergantinya menit, detik dan seterusnya.

Ramainya tahun baru tentu meningkatkan intensitas kemacetan diberbagai titik, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa keramaian ini juga berpotensi akan kejadian kriminal yang sangat mungkin terjadi seperti pencopetan.
Kemacetan saat perayaan tahun baru juga membuang banyak waktu dan tenaga yang sebenarnya sangatlah sia – sia. Sehingga tidak ada salahnya untuk menyambut tahun baru di rumah bersama dengan keluarga ataupun orang terdekat.

Jika perayaan tahun baru identik dengan keramaian, kenapa tidak mencoba merayakan tahun baru dengan konsep kesunyian, dimana masing – masing merefleksi diri tanpa hingar bingar alunan distorsi musik maupun ledakan kembang api.

Kesunyian di rumah juga bagus untuk mendekatkan hubungan antar anggota keluarga, tak ada salahnya untuk bermain bersama keluarga atau dengan menikmati makanan kesukaan secara bersama – sama, hal tersebut tentu bisa menjadi sarana untuk saling merenungi pencapaian selama setahun terakhir.

Meski di rumah kamu masih bisa merayakan tahun baru dengan special bersama dengan keluarga, jika halaman rumahmu cukup luas maka manfaatkan untuk merayakan pergantian malam tahun baru dengan mendirikan kemah, buatlah api unggun jika mungkin dan nikmati suasana malam tahun baru secara lebih akrab dengan keluarga.

Bagi kamu yang tidak ingin sunyi selama dirumah, kamu bisa adakan potlucky party dirumahmu, ajaklah mereka untuk membawa camilan dari rumah dan nikmatilah kebersamaan dengan orang terdekat. Hal ini tentu lebih mengasyikkan daripada terjebak di tengah kemacetan.

Merayakan tahun baru dirumah tentu bisa dirayakan dengan bereksperimen dengan masakan baru, berkreasilah dengan berbagai bahan yang ada di rumah, manfaatkan fasilitas internet untuk mencari resep masakan, selain hemat hal ini tentu bermanfaat bagi kedekatan antar anggota keluarga.

Dengan merayakan tahun baru dirumah artinya, kamu telah mengurangi keramaian dan kemacetan di beberapa titik. Aktifitas pergantian malam tahun baru di rumah tentu bisa menjadi sesuatu yang antimainstream dan tidak membuang banyak waktu, selain itu perayaan tahun baru di rumah merupakan upaya agar tidak berhura – hura atu foya – foya.

Sewalah playstation dan bermainlah dengan keluarga ataupun teman terdekat, buatlah tournamen kecil – kecilan dengan hadiah sederhana. Hal ini membuktikan bahwa perayaan tahun baru yang sederhana juga bisa terasa meriahnya dan pastinya berkesan.

Bagi lelaki kegiatan main game merupakan hal yang wajib bagi kebanyakan. Dengan meluasnya kalangan yang hobby bermain game, kegiatan ini dirasa cocok untuk digelar sembari menanti detik – detik perayaan tahun baru.

Rumah merupakan tempat ternyaman dan teraman ketika malam tahun baru, tak ada salahnya untuk melakukan marathon nonton film jika kamu merupakan penyuka film. Siapkan beberapa cemilan atau makanan ringan atau minuman segar untuk menemani marathon nonton film selama serangkaian malam tahun baru.

Pilihlah film yang memiliki nilai pendidikan ataupun nasionalisme, jika kamu mengajak keluarga untuk ikut nonton film, maka pastikan film tersesbut merupakan film yang cocok di tonton untuk segala umur.

Menikmati tahun baru pada dasarnya tidak perlu memerlukan gegap gempita yang luar bias. Ternyata karaokean di rumah juga bisa mengakomodir anggota keluarga yang memiliki bakat dalam dunia tarik suara. Selain itu kamu juga bisa bernyanyi dengan diiringi gitar akustik, namun pastikan kegiatan karaoke tersebut tidak mengganggu tetangga sebelah.

Tak ada salahnya jika mamu berdiskusi dengan teman – teman untuk berdiskusi dan merencanakan perayaan tahun baru di rumah, tentu dengan budget minimal namun tidak mengurangi kesan selama acara berlangsung.

Begitu banyak hal yang bisa dilakukan untuk merayakan tahun baru tanpa harus berdesak – desakkan dalam keramaian. Apabila kamu telah terbiasa dengan lingkungan ramai, maka nikmatilah pergantian malam tahun baru dengan lingkungan yang sunyi seperti di rumah bersama teman – teman.

Merayakan tahun tidak berarti harus terjebak pada keramaian ataupun kerumunan banyak orang. Sejatinya malam tahun baru bisa dijadikan sebagai ajang refleksi ataupun berbagi harapan akan masa depan diri dan keluarga.

 

Artikel ini telah dibaca 394 kali

loading...
Baca Lainnya

Omnibus Law RUU Cipta Kerja Untungkan Pekerja dengan Pengaturan Upah Minimum yang Layak

Oleh : Ade Kurniawan Para pekerja deg-degan menunggu peresmian omnibus law RUU Cipta Kerja, karena...

30 September 2020, 05:35 WIB

Masyarakat Harus Disiplin Laksanakan 3 M

Oleh : Zulfikar Penambahan pasien Covid-19 masih terus terjadi di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk...

30 September 2020, 05:23 WIB

Waspada Manuver KAMI Politisasi Isu PKI

Oleh : Edi Jatmiko Jelang peringatan peristiwa gerakan 30 september, selalu ada isu kebangkitan PKI...

30 September 2020, 05:17 WIB

Menengok Harta Kekayaan Cabup Sidoarjo, Ternyata Cabup Ini Paling Terkaya

Sidoarjo – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah umumkan laporan harta kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) para...

29 September 2020, 21:33 WIB

Mewaspadai Manuver KAMI Bermuatan Politis

Oleh : Ahmad Bustomi Masyarakat dipusingkan dengan ulah anggota KAMI yang mejeng di berita TV...

29 September 2020, 03:55 WIB

Masyarakat Papua Mendukung Keberlanjutan Otsus

Oleh : Abner Wanggai Pemerintah memberikan sinyalemen untuk melanjutkan Otsus Papua. Otsus tersebut dianggap membawa...

29 September 2020, 03:48 WIB

loading...