Pemilu 2019

Senin, 4 Februari 2019 - 02:32 WIB

6 bulan yang lalu

logo

Jokowi Bergelar Cak Jancuk, Kode Rakyat Surabaya Pilih Prabowo

Surabaya – Capres Joko Widodo mendapat sapaan khusus dari pendukungnya di Jawa Timur. Jokowi mendapat panggilan ‘cak’ dan ‘jancuk’.

Sapaan khas itu, menimbulkan tanda tanya, apakah Jokowi akan menang di Surabaya atau justru kalah telak di kota Pahlawan.

Pengamat politik Wawan Sobari, (cak jancuk) sapaan itu menunjukkan equality atau kesetaraan. Ini merupakan model kampanye trade mark, yang dipakai Jokowi sejak awal ikut kontestasi. Baik sebagai Wali Kota Solo atau Gubernur DKI Jakarta.

Kata (jancuk) itu, menurut Dosen Ilmu Politik dan Peneliti Universitas Brawijaya (UB) Malang ini, mengandung dua arti.

Bisa berupa makian atau justru keakraban. Bagi masyarakat Surabaya, sub kultur budaya arek sangat berbeda dengan mataraman. Masyarakat Surabaya tidak mengenal kasta bahasa halus atau kromo. Namun lebih ke apa adanya.

Sementara itu, panitia Deklarasi Alumni Jawa Timur, Teguh Prihandoko, mengaku pihaknya hanya memberikan sebutan Cak kepada Jokowi.

“Kami hanya memberikan sebutan Cak saja bagi Pak Jokowi kemarin. Itu saja titik,” kata Sekertaris Deklarasi Alumni Jawa Timur Teguh Prihandoko, kepada media di Surabaya, Minggu (3/2).

Terpisah, Eko Budilaksono, pengamat politik asal surabaya dihubungi via seluler, Minggu (3/2) mengaku jika trend elektabilitas Prabowo-Sandi di Surabaya naik, ini karena Cawapres Sandiaga Uno, kerap datang mengunjungi Surabaya dan membuat gebrakan nyata.

“Medan pertempuran Prabowo-Sandi ada di 3 wilayah, yaitu Yogyakarta, Jateng dan Jatim, trendnya untuk di Jatim elektabilitas Prabowo-Sandi terus naik, dengan gelarnya Jokowi sebagai cak Jancuk, ini merupakan kode bahwa rakyat Surabaya bisa memilih Prabowo”Katanya.

Artikel ini telah dibaca 726 kali

Baca Lainnya
loading…