Sabtu, 6 April 2019 - 00:06 WIB

Wujudkan Wilayah Layak Anak, Bupati Ajak Anak Berdialog

Blitar.deliknews – Pemkab Blitar Terus berkomitmen, untuk mewujudkan wilayah Layak Anak. Salah satunya, dengan melibatkan anak dalam hal urun rembug terkait rencana program pembangunan. Adapun Bukti terus berkomitmen, Jumat (5/4/2019) Pemkab Blitar menggelar dialog anak 2019, di Pendopo Ronggo Hadinegoro

Kegiatan tersebut, diikuti ratusan anak dari berbagai instansi. Dialog anak ini, dipimpin langsung oleh Bupati Rijanto dan didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Blitar Ny Ninik Rijanto, Kepala BNNK Blitar AKBP Agustianto, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah Kabupaten Kota Blitar Trisilo Budi, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Bupati Rijanto mengatakan, beberapa tahun terakhir ini Pemkab Blitar, berhasil meraih predikat Kabupaten Layak Anak. Hal ini merupakan wujud nyata Kabupaten Blitar untuk mewujudkan sistem pembangunan berbasis hak anak, melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Kegiatan ini merupakan komitmen dari Pemkab Blitar, terkait Kabupaten Layak Anak (KLA),” ungkapnya.

Dialog anak, diikuti oleh 250 anak, yang berasal dari berbagai instansi dan satuan pendidikan, mereka antusias mengikuti rangkaian kegiatan dan menyampaikan aspirasinya kepada Bupati Blitar.

Selain siswa, SD/MI, SMP Sederajat dan SMA/SMK, kegiatan ini juga diikuti oleh anak-anak penyandang disabilitas. Dalam kesempatan yang sama beberapa anak menyampaikan permohonanya terkait fasilitas, dan keluhan lainya.

“Banyak aspirasi yang mereka sampaikan, mulai dari permintaan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk pelajar dan penyandang tuna rungu, serta fasilitas tempat belajar dan bermain, serta lainnya,” jelasnya.

Dalam sambutanya, orang nomor satu di lingkup Pemkab Blitar, menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya menjamin dan melindungi hak anak. Menurut dia, perlindungan hak anak merupakan kewajiban dari Pemerintah. Dia mengaku bangga kepada peserta yang memiliki keberanian, untuk menyampaikan aspirasi dan apresiasi.

“Hal ini jarang dimiliki oleh kebanyakan anak pada umumnya, jadi saya sangat mengapresiasi mereka,” katanya.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa Pemkab Blitar terus berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas serta sarana prasarana (sarpras), hal ini dilakukan untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak 2019.

Lanjut dia, semua aspirasi yang disampaikan pada dialog anak, akan segera ditindaklanjuti. Bahkan, pihaknya berjanji segera menginstruksikan kepada instansi terkait untuk senantiasa memperhatikan dan memprioritaskan kebutuhan anak.

“Saya berharap, salah satu diantara peserta yang hadir dalam dialog anak kali ini, kelak bisa pemimpin baik di tingkat Kabupaten maupun Pusat,” harapnya. (hms)

Artikel ini telah dibaca 23009 kali

loading...
Baca Lainnya

Bantu UMKM Klaster Perikanan Untuk Berkembang, SIG Berikan Bantuan Modal dan Pendampingan

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berupaya meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha...

19 September 2020, 03:28 WIB

Bupati Tuban Perpanjangan Pembatasan Jam Malam

Tuban – Bupati Tuban, H Fathul Huda, memperpanjang pembatasan jam malam di seluruh wilayah Bumi...

15 September 2020, 20:39 WIB

Pengurus Pusat KBPPAL Harus Bisa Bersinergi Dengan Mabes TNI AL

Surabaya – Kopdar kecil-kecilan para inisiator KBPPAL (Keluarga Besar Putra Putri Angkatan Laut) dari Jakarta,...

13 September 2020, 21:48 WIB

HUT FKPPI ke 42, Anggota PD XIII FKPPI Jatim Menggelar Donor Darah

Surabaya – Untuk menyambut HUT FKPPI ke-42, Pengurus PC 1330 KB FKPPI Surabaya menggelar bhakti...

13 September 2020, 12:49 WIB

SIG Manfaatkan Lahan Pascatambang Tanah Liat di Tuban Menjadi Kebun Pisang Cavendish

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memanfaatkan kawasan lahan pascatambang tanah liat Pabrik...

10 September 2020, 15:17 WIB

Jam Malam Diberlakukan, Pelanggar Perbup Akan Kena Denda Dan Cabut Ijin Usaha

Tuban – Diterbitkanya Peraturan Bupati (Perbup) Tuban No. 65 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan...

1 September 2020, 00:50 WIB

loading...