Senin, 15 April 2019 - 14:43 WIB

4 Tips Merawat Apartemen Sehat

Apartemen adalah salah satu alternatif hunian selain rumah tangga. Kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Tangerang dan lainnya sudah terdapat banyak apartemen yang berdiri megah dengan jumlah lebih dari 10 lantai. Apartemen sangat membantu pemerintah untuk menampung para penduduknya yang ingin tinggal di kotanya seperti Jakarta dan Tangerang ketimbang tinggal di daerah pinggir kota yang jauh dan membutuhkan waktu yang lama di perjalanan berangkat maupun pulang kerja. Seperti pada rumah-rumah, apartemen juga membutuhkan tips merawat apartemen agar perabot di dalam apartemen tidak menjadi rusak, udara di dalam apartemen selalu segar, dan apartemen menjadi hunian yang sehat. Berikut beberapa tips merawat apartemen yang bisa dilakukan guna mempertahankan apartemen sehat.

Sediakan Pendingin Ruangan

Setiap apartemen pasti membutuhkan pendingin ruangan karena tidak banyak ruangan yang terbuka lebar jendelanya. Hal ini dikarenakan angin yang berhembus di luar unit apartemen sangat kencang. Hal ini dikarenakan unit-unit apartemen berada di lantai atas mempunyai ketinggian lebih dari 50 meter dipastikan sangat kencang anginnya. Penggunaan AC yang berlebihan menimbulkan suasana yang lembab. Cat tembok apartemen yang berada di lingkungan AC terus menerus akan terkelupas dalam waktu lebih dari 5 tahun. Sebaiknya dilakukan pengecatan ulang setiap periode 5 tahunan.

Pasang Wallpaper

Alternatif lainnya selain melakukan pengecatan yaitu pemasangan wallpaper. Pemasangan wallpaper bisa dilakukan juga guna meniadakan pekerjaan pengecatan dan memberikan kesan hidup pada ruangan atau unit apartemen tersebut. Selain itu wallpaper juga lebih mudah dibersihkan dan tidak terlihat monoton.

Sirkulasi Udara

Meskipun unit apartemen terbiasa tertutup jendela luarnya, alangkah baiknya jika sesekali jendela dibiarkan terbuka untuk memberikan kesempatan pergantian udara luar dan udara dalam. Sirkulasi udara memberikan banyak manfaat yang baik bagi penghuni apartemen maupun unit apartemen beserta isinya. Udara yang menerus di apartemen akan memberikan jamur berkembang dan dapat merusak isi dari apartemen tersebut. Penggantian udara di apartemen dapat mencegah perusakan isi apartemen oleh jamur. Penggantian udara juga dapat dimaksudkan untuk mengirim bakteri dan virus yang masuk ke apartemen melalui aktifitas penghuni di luar apartemen dapat diganti dengan udara bersih dari luar.

Bersihkan Dari Serangga

Setiap apartemen dan rumah pasti ada kalanya datang kecoak. Kecoak di rumah berbeda dengan yang di apartemen. Kecoak di rumah timbul dari selokan dan bentuknya besar, sedangkan di apartemen timbul dari unit apartemen lainnya dan berbentuk kecil memanjang atau bulat. Kecoak apartemen ini sangat mudah untuk berkembang biak dan susah untuk dibasmi dengan cara penyemprotan atau disapu. Pemberantasan kecoak lebih baik menggunakan pestisida beracun untuk kecoakDkecoak mempunyai sifat karnivora, memakan teman kecoak yang mati. Obat pestisida beracun ini memberikan efek racun pada tubuh kecoak yang mati, sehingga kecoak hidup yang memakan kecoak mati oleh karena pestisida tersebut akan ikut mati juga. Dengan demikian kematian beruntun akan berimbas pada kecoak hingga kecoak yang hidup mati semua di unit apartemen.

Apartemen yang sehat akan memberikan efek sehat bagi penghuninya. Sepertinya misalnya di lingkungan Apartemen Alam sutera. Sebaiknya kondisi sehat dan tips merawat apartemen tetap dijaga selalu guna memberikan hal baik untuk penghuni dan apartemen itu sendiri. Perawatan apartemen tidaklah selalu mahal dan membutuhkan waktu banyak. Apartemen yang dirawat dengan biaya murah dapat dilakukan seperti cara di atas. Selalu menjaga apartemen tetap sehat agar penghuni juga mempunyai kehidupan yang sehat pula. Semoga apartemen anda selalu dalam kondisi bersih, sehat, dan bebas dari segala jamur, bakteri, dan virus.

 

Artikel ini telah dibaca 572 kali

loading...
Baca Lainnya

Dubes RI untuk Azerbaijan Prof. Dr. Husnan Bey Fananie Gelar Kuliah Umum di Universitas Islam Malang

Kuliah Tamu yang bertajuk “Pendidikan Islam Multikultural dalam Perspektif Historis Sosiologis” diberikan Duta Besar Luar...

17 Oktober 2019, 18:07 WIB

Prabowo Beri Sinyal Merapat ke Jokowi

Bogor – Bergabungnya Partai Gerindra ke dalam koalisi Joko Widodo-Ma’ruf Amin masih simpang siur jelang...

17 Oktober 2019, 17:02 WIB

Bambang Haryo : Selamat Ultah Pak Prabowo, Sosok Pemikir yang Cerdas

Bogor – Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto hari ini 17 Oktober 2019 genap berusia...

17 Oktober 2019, 16:27 WIB

Gerakan Lawan Hoax Sukseskan Pelantikan Presiden, Bukti Nyata Warganet Menolak dan Melawan Aksi Radikalisme

Oleh : Syarifah Magdalena (Relawan Forum Pegiat Media Sosial Independen) Berbagai cara dan.upaya Bangsa kita...

16 Oktober 2019, 18:38 WIB

Sinyal Kuat AHY Jadi Menteri Jokowi

Jakarta – Kantor Staf Kepresidenan (KSP) memberikan sinyal kuat jajaran Pemerintahan Jokowi akan diisi oleh...

16 Oktober 2019, 14:20 WIB

Gerakan Tolak Radikalisme, Warganet Siap Tebar Narasi Positif Di Medsos, Sukseskan Pelantikan Presiden

Oleh : Zainudin Ikhwan (Netizen/Relawan GESIT) Kabar adanya kelompok yang akan melancarkan aksi dalam upaya...

16 Oktober 2019, 08:06 WIB

loading...