Blitar.deliknews – Gorong – gorong yang melintas di jalan utama trisula Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar rusak parah dan berlubang hingga 1 meter. Kondisi tersebut dikeluhkan pengguna jalan dan warga sekitar, pasalnya sering mengakibatkan kecelakaan.

Hudi, salah satu warga yang berdekatan dengan gorong – gorong yang rusak tersebut mengomentarinya, bahwa Kondisi tersebut sangat membahayakan pengendara, terutama di waktu pagi hari waktunya banyak anak sekolah dan pekerja melintas.

“Tempo hari ada anak sekolah yang jatuh, untungnya tidak luka parah. Untuk itu, saya kasih tanda mas… “awas lobang” supaya pengendara hati – hati kalau melintas,” ucapnya, jumat (26/4/2019).

Selain pemotor, lanjut Hudi, pengendara roda empat dan roda enam yang mengangkut barang kerap mengurangi kecepatan karena badan jalanya mulai menyempit. “Kusus mobil dan truck yang lewat harus bergantian akibat jalannya mulai menyempit,” tambahnya.

Sementara, Iksan salah satu perangkat Desa Sumberjati yang kebetulan sedang lewat jalan tersebut mengatakan, “Kami sudah usulkan ke pengawas jalan, namun sampai hari ini pihak PUPR Kabupaten Blitar belum merespon usulan tersebut,” ungkapnya.

Menurut Iksan, penyebab bengkaknya gorong – gorong itu karena beban yang melaluinya terlalu berat, selain itu, untuk melakukan perbaikan ini Pemerintah seharusnya bisa menjadikan prioritas terlebih dahulu. Saya kuwatir apabila hal ini dibiarkan lebih lama gorong-gorong akan semakin parah dan membahayakan pengguna jalan.

“Mudah – mudahan pemerintah lekas memperbaikinya, karena ruas ini sangat vital sebagai jalur pusat perekonomian,” pungkasnya.