Senin, 29 April 2019 - 23:52 WIB

LKPJ Bupati Blitar Tahun 2018 Dinilai Bagus

Blitar.deliknews – Sesuai ketentuan yang berlaku, Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Blitar tahun anggaran 2018 disampaikan kepada Panitia khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar untuk diberikan catatan dan rekomendasi berupa saran, masukan dan koreksi dalam rangka perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah ke depan.

Penyampaian LKPJ tahun ini merupakan tahun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun ke-3, dimana tahun ini merupakan tahun pemantapan program untuk mencapai visi misi daerah menuju Kabupaten Blitar lebih maju, sejahtera dan berdaya saing.

Sehinga menurut Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto, dokumen LKPJ yang disampaikan bupati kepada DPRD dinilai bagus walaupun masih ada kekurang.

Meskipun begitu, Pansus masih menemukan beberapa catatan-catatan strategis untuk perbaikan pemerintah daerah ke depan. Hal yang mengenai itu, Suwito berharap harus difokuskan kepada kegiatan yang belum terlaksana. Sedangkan kegiatan yang belum terlaksana diambilkan dari anggaran silva tahun lalu.

Ketua DPRD itu juga menuturkan, penilai terhadap LKPJ bupati dilakukan secara rasional dan obyektif, artinya dengan identifikasi dan analisa masalah seperti fakta yang sebenarnya.

“Pansus menilai ada yang baik dan ada yang kurang baik. Hal ini akan menjadi rekomendasi untuk pemerintah daerah untuk perbaikan kedepan,” jelasnya kepada media usai memimpin rapat paripurna penyampaian LKPJ Bupati 2018, di kantor DPRD Kabupaten Blitar, Senin (29/4/2019).

Selain itu, Dari hasil Pansus LKPJ, ia juga menyampaikan, ada 6 indikator yang masih belum dicapai oleh Pemkab Blitar pada tahun 2018 lalu. Diantaranya angka kemiskinan, pendapatan perkapita, tingkat pengangguran terbuka, persentase cakupan layanan infrastruktur, dan persentase pertumbuhan sektor pertanian terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

“Ada beberapa bangunan sekolah SD, SMP yang baik belum memenuhi target, kemudian rumah tidak layak huni dan tempat kumuh. Sisa tahun anggaran ini kita fokuskan kesana,” ujarnya.

Sementara Bupati Blitar Rijanto mengatakan rekomendasi dari dewan pada hari ini diterima. dan dijadikan sebagai catatan untuk berbenah ke arah lebih baik.

“Catatan-catatan ini harus kita benahi kedepan.Terutama pelayanan masyarakat, kemudian peningkatan daya saing, dan tentunya menyangkut pendapatan daerah,” tutup Bupati.(hms)

Artikel ini telah dibaca 23686 kali

loading...
Baca Lainnya

SIG Kerjasama dengan Balitjestro Budidayakan Tanaman Buah di Lahan Green Belt Pabrik Tuban

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan...

28 September 2020, 15:50 WIB

KPU Tuban Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati – Wabup

Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar Launching dan Pengambilan Nomor Urut Pasangan...

24 September 2020, 21:32 WIB

Bantu UMKM Klaster Perikanan Untuk Berkembang, SIG Berikan Bantuan Modal dan Pendampingan

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berupaya meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha...

19 September 2020, 03:28 WIB

Bupati Tuban Perpanjangan Pembatasan Jam Malam

Tuban – Bupati Tuban, H Fathul Huda, memperpanjang pembatasan jam malam di seluruh wilayah Bumi...

15 September 2020, 20:39 WIB

Pengurus Pusat KBPPAL Harus Bisa Bersinergi Dengan Mabes TNI AL

Surabaya – Kopdar kecil-kecilan para inisiator KBPPAL (Keluarga Besar Putra Putri Angkatan Laut) dari Jakarta,...

13 September 2020, 21:48 WIB

HUT FKPPI ke 42, Anggota PD XIII FKPPI Jatim Menggelar Donor Darah

Surabaya – Untuk menyambut HUT FKPPI ke-42, Pengurus PC 1330 KB FKPPI Surabaya menggelar bhakti...

13 September 2020, 12:49 WIB

loading...