Regional

Kamis, 2 Mei 2019 - 15:54 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Hardiknas : Bupati Blitar Serahkan Tropi Bagi Siswa Berprestasi

Blitar.deliknews – Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM, menghadiri upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019, sekaligus menjadi inspektur upacara.

Acara ini digelar oleh Pemkab Blitar melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Kamis (2/5/2019) di alon – alon Kantor Bupati Blitar, Kanigoro yang diikuti oleh berbagai elemen seperti, Korpri, PGRI, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Pramuka dan pelajar.

“Sebagaimana kita ketahui, tanggal 2 Mei diambil dari hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara, ini sebagai bentuk penghargaan atas jasanya terhadap dunia pendidikan,” ujar Bupati usai acara pengibaran bendera.

Dimana tahun ini, menurut bupati adalah tahun refleksi dan berbuat untuk memajukan dunia pendidikan. Selain itu, di tengah-tengah perkembangan teknologi yang pesat para guru diminta untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat ajar yang tepat dan berkualitas.

“Di era digital sekarang ini, merupakan sebuah tantangan yang berat untuk mampu mempuyai daya saing dengan negara – negara lain,” tegas Rijanto.

Sesuai arahan Mentri Pendidikan, Muhadjir Effendy melalui bupati mengatakan, “Ada tiga komponen untuk memajukan pendidikan yaitu, pertama Pemerintah, kedua Sekolah dan ketiga adalah Masyarakat yang ketiganya harus seiring dan sejalan,” tambahnya yang juga pernah menjabat sebagai kepala Dinas Pendidikan itu.

Sementara, menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumarjoko mengatakan, “Di Hardiknas ke-23 ini, tentunya dengan menguatkan pendidikan harus juga disinergikan dengan memajukan kebudayaan juga,” ungkapnya.

“Kebijakan – kebijakan yang meliputi program daerah dan budaya kita adopsi dan kita akselerasikan dengan pendidikan,” sambung Budi.

Tambahnya, tenaga pengajar atau pendidik harus mempunyai empat kompentensi dasar, diantaranya adalah kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kompetensi kepribadian.

“Selanjutnya akan kita tingkatkan profesionalisme guru untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Kabupaten Blitar, ” pungkasnya.

Selain upacara, Hardiknas itu juga ditandai dengan penyerahan tropi bagi anak didik yang berprestasi di dalam berbagai bidang.(hms)

Artikel ini telah dibaca 1384 kali

Baca Lainnya
loading…