Jumat, 17 Mei 2019 - 19:49 WIB

Bupati Blitar Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Pelaku UMKM

Blitar.deliknews – Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Blitar mengadakan acara buka puasa bersama dengan Bupati Blitar. Hal Ini sebagai upaya membangun silaturrahmi sekaligus konsolidasi antara pelaku usaha dengan pemerintah.

“Ini sebuah rutinitas tahunan, dan ini sudah ketiga kalinya. Acara ini sebagai bentuk membangun silaturrahmi dan memberikan semangat dalam berusaha,” ucap Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM, Kamis (16/5) kemarin, usai buka bersama di halaman belakang Pendapa Ronggo Hadinegoro Kabupaten Blitar.

Selain silaturahim, momen berbuka puasa ini sekaligus menjadi kesempatan untuk saling bertukar informasi tentang kondisi usaha antar pelaku dan menjawab keluh kesah para pelaku usaha demi perkembangan usahanya.

“Sehingga pemerintah bisa tahu apa yang harus dilakukan kedepannya. Kita juga berharap pelaku usaha semakin solid dengan kemandirianya,” ujar Rijanto.

Tambahnya, pemerintah berkewajiban untuk terus melakukan pendampingan, jangan sampai kemajuan UMKM nantinya surut gara – gara kurangnya perhatian pemerintah. Salah satu bentuk turun tangan pemerintah menurutnya, adalah dengan melaunching kampung online Bukalapak di Gogolatar Kelurahan Kaweron Kecamatan Talun.

“Mayoritas mereka (UMKM) pengusaha muda dan mereka sekarang bergeser ke aplikasi memanfaatkan tehnologi informasi,” sambung orang nomor satu di Kabupaten Blitar itu.

Sementara itu, Koordinator Sedulur UMKM Kabupaten Blitar Abdul Aziz mengapresiasi perhatian pemerintah sejauh ini sangat bagus. Pemerintah Kabupaten Blitar telah banyak memberikan bimbingan dan binaan.

“Pemerintah Kabupaten Blitar itu balapan/saling kejar – kejaran dengan UMKM. Artinya dalam posisi membimbing dan membina UMKM,” ujarnya.

Bank Indonesia (BI) perwakilan Jawa Timur juga telah memberikan apresiasi bahwa UMKM di Jawa Timur yang paling eksis itu hanya dua daerah yaitu Kota Malang dan Kabupaten Blitar. “Untuk itu, BI juga nantinya juga tidak segan – segan memberikan pinjaman permodalan dengan bunga ringan,” ungkap Aziz.

Berbagai forum, Bupati selalu menekankan dan mengajak untuk “Bela dan Beli Produk Blitar”, sehingga menurut Azis ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah pada produk UMKM.

“Beliau ke mana-mana selalu memakai dan menggunakan produk asli Blitar,” terang koordinator UMKM Kabupaten Blitar itu.(Kmf)

Artikel ini telah dibaca 23464 kali

loading...
Baca Lainnya

KPU Tuban Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati – Wabup

Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar Launching dan Pengambilan Nomor Urut Pasangan...

24 September 2020, 21:32 WIB

Bantu UMKM Klaster Perikanan Untuk Berkembang, SIG Berikan Bantuan Modal dan Pendampingan

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berupaya meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha...

19 September 2020, 03:28 WIB

Bupati Tuban Perpanjangan Pembatasan Jam Malam

Tuban – Bupati Tuban, H Fathul Huda, memperpanjang pembatasan jam malam di seluruh wilayah Bumi...

15 September 2020, 20:39 WIB

Pengurus Pusat KBPPAL Harus Bisa Bersinergi Dengan Mabes TNI AL

Surabaya – Kopdar kecil-kecilan para inisiator KBPPAL (Keluarga Besar Putra Putri Angkatan Laut) dari Jakarta,...

13 September 2020, 21:48 WIB

HUT FKPPI ke 42, Anggota PD XIII FKPPI Jatim Menggelar Donor Darah

Surabaya – Untuk menyambut HUT FKPPI ke-42, Pengurus PC 1330 KB FKPPI Surabaya menggelar bhakti...

13 September 2020, 12:49 WIB

SIG Manfaatkan Lahan Pascatambang Tanah Liat di Tuban Menjadi Kebun Pisang Cavendish

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memanfaatkan kawasan lahan pascatambang tanah liat Pabrik...

10 September 2020, 15:17 WIB

loading...