Minggu, 16 Juni 2019 - 14:47 WIB

Rossy Verona selaku Sekretaris Direktorat Jenderal (Dirjen) Asia Pasifik dan Afrika Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia (RI), dalam kunjunganya ke Pemkab Blitar, Sabtu (16/6) malam hari di Pendopo Hadi Ronggo Negoro.(foto by Bang Jun)

Rossy Verona selaku Sekretaris Direktorat Jenderal (Dirjen) Asia Pasifik dan Afrika Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia (RI), dalam kunjunganya ke Pemkab Blitar, Sabtu (16/6) malam hari di Pendopo Hadi Ronggo Negoro.(foto by Bang Jun)

Kemenlu Siap Promosikan Produk Unggulan Kabupaten Blitar Ke Luar Negeri

Blitar.deliknews – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) siap membantu pelaku usaha untuk memasarkan produk unggulan Kabupaten Blitar ke luar negeri.

Hal itu, disampaikan Rossy Verona selaku Sekretaris Direktorat Jenderal (Dirjen) Asia Pasifik dan Afrika Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia (RI), dalam kunjunganya ke Pemkab Blitar, Sabtu (16/6) malam hari di Pendopo Hadi Ronggo Negoro.

“Kali ini saya memberikan pemaparan mengenai potensi dan upaya – upaya promosi yang dihasilkan dari produk Blitar ke luar negeri. Langkah – langkah promosi ini dimaksudkan untuk memperluas pangsa pasar dengan mempertemukan para pengusaha Blitar dengan para pembeli yang potensial,” kata Rossy.

Namun begitu, Rossy menghimbau kepada pelaku usaha yang ada di Kabupaten Blitar harus berani promosi di luar negeri dengan skala internasional. Ia juga menyampaikan, bahwa sebenarnya produk unggulan dari Blitar ini sangat berpotensi untuk menembus pangsa internasional.

“Saya sangat optimis dan akan kita angkat produk Kabupaten Blitar ini bisa menembus pasar internasional. Seperti Kopi, Coklat dan hasil perikanan, ikan Koi,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap para pengusaha untuk membenahi dan memperkuat pasar domestik dan suplay produk harus ada, sehingga System ability product (sistem kemampuan produk) berkesinambungan.

“Yang lebih penting lagi packaging (pengemasan) dan labelling (pelabelan) harus sesuai standart negara setempat. Sedangkan mengenai daya saing juga harus diperkuat,” Sambung Sekmenlu itu.

Rossy juga mengapresiasi, pelaku usaha di Blitar sudah cukup berpengalaman. Contohnya, produk Kopi yang sudah berhasil menembus pasar eropa. “Keberhasilan ini nantinya bisa di injek (penambahan) ke pasar – pasar yang lain,” tuturnya.

Sementara, Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM, mengatakan, kedatangan Kemenlu RI beserta rombonganya ini sudah yang kedua kalinya. Hal ini untuk menindak lanjuti dalam kunjungannya yang pertama kali dalam melihat potensi investasi yang ada di Kabupaten Blitar.

“Selanjutnya akan di promosikan ke luar negeri seperti Kamboja, Malaysia dan Timur Tengah,” Ungkap Bupati Blitar usai acara audensi yang didampingi OPD terkait bersama Forum Ekonomi dengan Sekmenlu RI malam itu juga.

Pihaknya merasa senang atas kunjungan rombongan jajaran Kemenlu RI itu. Dimana kegiatan ini kedepan akan sangat berpengaruh terhadap pelaku usaha, khususnya Produk yang dihasilkan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Blitar.

“Semoga melalui diskusi kali ini bisa menghasilkan kerjasama yang baik, sehingga bisa memajukan Kabupaten Blitar dimata dunia internasional,” pungkas Bupati Blitar, Rijanto.(hms)

Artikel ini telah dibaca 16205 kali

loading...
Baca Lainnya

Mbak Khozanah Melalui MMA Mensinergikan Dengan Stakeholder

Tuban – Pilbup Kabupaten Tuban yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020, membuat...

3 Agustus 2020, 21:45 WIB

HUT BNI Ke 74, BNI Tuban Berbagi 600 Paket Sembako Dan Masker Ke Warga

Tuban – Kegiatan bakti sosial untuk memperingati HUT BNI ke 74, BNI Tuban membagikan 600...

31 Juli 2020, 21:23 WIB

PT. Semen Indonesia Pabrik Tuban Salurkan 31 Ekor Sapi Ke Pemkab Tuban 

Tuban – Kepala Biro Humas dan CSR PT. Semen Indonesia (SI) Tbk Pabrik Tuban, Setiawan...

30 Juli 2020, 22:48 WIB

Komandan Puslatpurmar 9 Animha Tuban Bantu Evakuasi Warga Korban Gelombang Tinggi Di Bancar

Tuban – Dampak gelombang tinggi di perairan laut Jawa mengakibatkan beberapa rumah nelayan di daerah...

12 Juli 2020, 13:16 WIB

Setiajit Bakal Bagikan 350 Ribu Masker Di Tuban

Tuban – Sebagai anggota Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Timur, Setiajit terus berupaya...

11 Juli 2020, 23:01 WIB

SIG Terapkan Teknik Reklamasi Sistem Baru di Lahan Pascatambang Pabrik Tuban

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berkomitmen selalu menjaga kelestarian alam dalam menjalankan...

10 Juli 2020, 17:44 WIB

loading...