Rabu, 3 Juli 2019 - 17:18 WIB

Guntur Budiawan

Guntur Budiawan

Perkenalkan Guntur Budiawan, Maju Calon Walikota Ternate, Usung Smart City

Ternate – Nama Muhamat Guntur Budiawan, mungkin bagi seluruh masyarakat Kota Ternate, Maluku Utara sangat asing didengar.

Ya, putra kelahiran Ternate 6 januari 1990 silam ini, bertekad untuk maju sebagai calon Walikota Ternate periode 2020-2025.

keinginan dirinya maju sebagai calon walikota itu, lantaran terdorong dari beberapa tokoh nasional. Karena melihat Guntur memiliki bakat, dan punya visi-misi yang cerdas.

Guntur kini, duduk sebagai Direktur utama PT Delik Media Siber, pemilik saham Koncoan.Inc media sosial yang berkiprah di Malaysia, serta menjadi Chief Technologi Operation di Ojek Online Malaysia Runner Drive.

Selain memimpin sejumlah perusahaan di dalam negeri dan luar Negeri, Guntur Budiawan juga sebagai Staf ahli khusus bidang komunikasi politik untuk anggota DPR-RI Bambang Haryo Soekartono fraksi Gerindra yang juga pemilik perusahaan kapal terbesar di Indonesia Dharma Lautan Utama (DLU).

Guntur yang merupakan warga kelurahan Takoma, Ternate Tengah, saat ini bertempat tinggal di Surabaya, Jawa Timur, dia telah banyak melakukan terobosan terutama dibidang digital, karena memulai karir di startup (perusahaan rintisan) yang di bangunnya. Bahkan, sebagai Founder Status Ternate, Guntur telah membantu warga Ternate dalam menginformasikan peristiwa serta kabar positif di kota yang didiami sebanyak 208 ribu jiwa tersebut.

Kepada sejumlah media, Guntur yang pernah mengenyam pendidikan di Malaysia ini mengaku siap menjadi Walikota Ternate jika diinginkan rakyat, ada beberapa hal yang disinggung Guntur mengenai pengembangan kota Ternate kedepan.

“Ternate itu, hanya kota kecil tapi dikenal dunia, awal mula penjajahan di Indonesia berawal di Ternate setelah adanya pelayaran bangsa Portugis dan Spanyol, karena Ternate merupakan pusat rempah-rempah dunia, itulah membuat Ternate sangat dikenal pada massanya” Ungkap Guntur, lulusan UPN Veteran Jatim.

Kota Ternate, kata Guntur 99% adalah lautan dan 0,5% daratan, dititik inilah sebetulnya merupakan potensi kota Ternate, maka itu dirinya berkeinginan untuk membangun ekonomi yang berorientasi pada sektor maritim.

“Ya, lautan kita itu strategis karena dilewati Alur laut kepulauan Indonesia (ALKI), untuk itu, kita dapat mendorong adanya industri maritim, mulai dari galangan kapal, perikanan, pelabuhan bertaraf internasional, hingga industri lainnya sektor kelautan dan perikanan”Kata Guntur.

Selain itu, menurut Guntur, saat ini di Kota Ternate lagi booming masalah Internet, yang mana para kalangan milenial di kota Ternate sangat gemar sekali melakukan aktivitas browsing dan sosial media. Karena itu, saya punya keinginan untuk memperbanyak jaringan internet di ruang publik, untuk mewujudkan smart city yang berkelanjutan.

“Sektor Maritim ini, bisa membuka 50% lapangan kerja dengan upah minimum diatas rata-rata, jika sekarang ini sebesar Rp2.3 juta, maka lewat industri ini, kita bisa mengusulkan untuk peningkatan upah diatas Rp3 juta, sejajar dengan kota-kota besar untuk kemakmuran rakyat”Tukasnya.

Kenapa, saya berkata demikian, karena berdasarkan data yang ada, sektor maritim mampu memberikan kontribusi kepada daerah sebesar Rp400 Milyar hingga lebih pertahun, jika kita menambah lagi industri di sektor itu, maka APBD kita bisa lebih dari sekarang ini sebesar Rp1 Triliun.

Kemudian soal keterbukaan lapangan pekerjaan, Guntur bakal membuat match and link, yang mana para lulusan SMA/SMK dan perguruan tinggi di integrasikan dengan perusahaan yang ada di daerah dan diluar daerag sehingga setelah mereka selesai sekolah mereka langsung bisa bekerja.

Beberapa program Guntur lainnya, diantaranya menghajikan 2% warga kurang mampu di Ternate setiap tahunnya, memberikan kesehatan Gratis, Sekolah gratis, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat Ternate. Demikian Guntur.

Artikel ini telah dibaca 252 kali

loading...
Baca Lainnya

Reaksi Cepat, Polsek Ternate Selatan Tangkap Pelaku Curanmor, Lihat

Ternate – Kepolisian Sektor Ternate Selatan, Maluku Utara menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor di lingkungan...

Foto : Antara

2 Mei 2020, 22:58 WIB

Gempa MG 5,1 SR Guncang Ternate

Ternate – Gempamagnutido (M) 5,1 terjadi di Ternate, Maluku Utara (Malut). Gempa tidak berpotensi tsunami....

Ilustrasi Gempa

13 April 2020, 22:55 WIB

Unkhair Ternate Skorsing 4 Mahasiswa, Ini kata Rektor

Ternate – Universitas Khairun Ternate akhirnya memberikan skorsing kepada 4 mahasiswa yang terlibat aksi perpeloncoan...

Foto : Antara

30 Agustus 2019, 17:28 WIB

Parpol Ternate Punggut Dana Pendaftaran Calon Walikota Bakal Disanksi

Ternate – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mendeteksi adanya dugaan pembayaran...

Video viral ospek Mahasiswa

30 Agustus 2019, 17:04 WIB

Mahasiswa Baru Unkhair Dipaksa Minum Air Muntahan, Memalukan Ternate

Ternate – Aksi perpeloncoan terjadi saat massa orientasi dan pengenalan kampus di lingkungan Universitas Khairun...

Video viral ospek Mahasiswa

30 Agustus 2019, 11:11 WIB

Pembobol Jok Motor di Ternate Ditangkap

Ternate – Polsek Ternate Selatan, berhasil meringkus satu pelaku spesialis pembobol jok sepeda motor di...

Video viral ospek Mahasiswa

14 Agustus 2019, 18:00 WIB

loading...