Kamis, 4 Juli 2019 - 15:55 WIB

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Rubah Perilaku Masyarakat Mengenai Sampah

Blitar.deliknews – Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS). Acara ini difokuskan di Desa Jatinom Kecamatan Kanigoro dengan acara bersih sampah bersama pegiat lingkungan, Kresekmen, Sahabat Lingkungan, Bersama Masyarakat Desa Jatinom dan DLH Kamis, (4/7/2019).

Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM melalui Krisna Triatmanto selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar dalam keterangannya mengatakan, penanganan terkait sampah di Kabupaten Blitar membutuhkan sarana prasarana infrastruktur yang memadai.

Namun sebenarnya jauh lebih penting dari itu adalah perilaku masyarakat. Selama ini masyarakat masih menganggap sampah jadi musuh, sampah jadi pengganggu, harus diubah paradigma itu.

“Perlu segera dipersiapkan TPS/Kontainer dan untuk warga Jatinom segera mengoperasikan TPS3R untuk menanggulangi timbunan sampah. Dengan mendorong karangtaruna untuk mengelola sampah dan mendirikan bank sampah,” terang Krismanto

Ia menyampaikan pengelolaan sampah yang baik sebenarnya dimulai dari sumbernya. Dari masing-masing rumah tangga. Caranya dengan memberikan edukasi sehingga secara perlahan dapat mengubah perilaku dan mindset masyarakat.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, menurut Krisna sudah melakukan itu. Ia mengaku setiap minggu paling tidak dua kali diminta untuk memberikan edukasi terkait pengelolaan sampah. Itu bagi dia menjadi indikator kesadaran masyarakat.

“Artinya, masyarakat ini sudah tumbuh kesadaran. Mereka sudah paham bahwa sampah harus dikelola dengan baik,” tutur dia.

Adapun target dari Kabupaten Blitar bersih sampah tahun 2019, Krisna berpendapat bukan berarti Kabupaten Blitar harus sepenuhnya terbebas dari sampah. Akan tetapi, paling tidak, sampai akhir tahun 2019, sampah di Kabupaten Blitar sudah dibuang pada tempatnya.

Perlu diketahui, World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tidakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi. Hari Lingkungan Hidup diperingati sejak tahun 1972 dan ditetapkan oleh Majelis Umum PBB. (kmf)

Artikel ini telah dibaca 41749 kali

loading...
Baca Lainnya

SIG Serahkan Bantuan Untuk Tenaga Medis Rumah Sakit dan Puskesmas di Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memberikan apresiasi kepada tenaga medis yang terlibat...

23 Desember 2020, 16:44 WIB

Hindari Denda, KPP Tuban Himbau Taat Pajak

Tuban – Para Wajib Pajak diingatkan kembali untuk segera melunasi utang pajak yang belum dibayar...

18 Desember 2020, 13:04 WIB

Ganjar Pranowo Ajak Kader Banteng Untuk All Out Menangkan Setia Negara

Tuban – Kader PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo turun gunung. Mantan...

28 November 2020, 22:40 WIB

KPP Pratama Tuban Kunjungi Tax Center Unirow

Tuban – Kunjungan ini sebagai bentuk apresiasi atas sinergi yang telah dilakukan kerja sama selama...

26 November 2020, 14:52 WIB

Disaksikan Bupati Tuban, NGRR Tuban Menandatangani Perjanjian Kerja Sama CSR

Tuban – perusahaan energi berskala Nasional, PT Pertamina berkomitmen untuk senantiasa memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian...

25 November 2020, 15:28 WIB

Mitra Binaan SIG, Bandeng Mentari Terus Berinovasi Untuk Bertahan di Tengah Pandemi

Gresik – UMKM Mitra Binaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus melakukan inovasi guna...

19 November 2020, 18:51 WIB

loading...