Maluku Utara

Senin, 8 Juli 2019 - 16:42 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Kota Ternate

Kota Ternate

Ternate diguncang 47 kali gempa susulan

Ternate – Sebanyak 47 gempa susulan terjadi setelah gempa bermagnitudo 7 mengguncang Ternate, Maluku Utara, Minggu (7/7/2019) malam. Gempa susulan tersebut mempunyai magnitudo yang berbeda-beda.

“Hingga hari ini, Senin 8 Juli 2019, pukul 12.45 WIB, aktivitas gempa susulan sudah mencapai 47 kali dengan magnitudo terbesar adalah magnitudo 4.9 dan magnitudo terkecil 3.1,” kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono melalui keterangan tertulis, Senin (8/7)

“Dampak gempa Maluku Utara hanya menyebabkan terjadinya kepanikan (masyarakat) yang luar biasa. Di Kota Manado beberapa rumah tembok mengalami retak pada tembok bangunan dengan kategori sangat ringan,” ujar Rahmat.

Pasca-gempa pertama, BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami setelah gempa bumi yang berpusat di dasar laut dengan kedalaman 49 kilometer berjarak 133 kilometer arah barat Kota Ternate ini.

Peringatan dini tsunami ini dicabut sekitar dua jam kemudian, setelah hasil pemantauan perubahan air laut di enam stasiun tide gauge di Bitung, Tobelo, Ternate, Taliabu, Jailolo, dan Sanana selama kurang lebih dua jam tidak menunjukkan adanya anomali.

Artikel ini telah dibaca 1728 kali

Baca Lainnya
loading…