Senin, 22 Juli 2019 - 23:26 WIB

Jatidiri Koperasi Harus Tetap Terjaga, Begitu Kata Plt Wali Kota Blitar Pada Tasyakuran HUT Koperasi Ke – 72

Blitar.deliknews – Koperasi merupakan soko guru perekonomian Indonesia yang mampu exsist walaupun di tahun 1998 negara kita dilanda krisis perekonomian.

Hal ini diungkap, Didik Hariadi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan masyarakat, Kota Blitar saat membacakan sambutan Plt Wali Kota Blitar di acara tasyakuran Hari Koperasi Ke 72 di balai pertemuan Kusuma Wicitra, Senin (22/7/2019) malam.

Selain itu, dalam sambutan Didik mengatakan, bahwa koperasi juga mempunyai potensi yang sangat strategis dan berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja dan pemerataan pendapatan, sehingga kesenjangan atau ketimpangan ekonomi masyarakat dapat terkurangi.

“Diusia yang ke-72 ini, hanya koperasi yang mampu memberikan manfaat kepada seluruh anggotanya dan masyarakat sekitarnya,” terang Didik

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan mengambil tema, “Koperasi Hari ini adalah reformasi total di era revolusi digital 4.0”, yang menjadi tantangan koperasi saat ini adalah Persaingan di dalam pertumbuhan ekonomi digital. Dimana saat ini masyarakat telah berubah trennya dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa, yang dari semula ekonomi tatap muka secara fisik, sekarang menjadi transaksi online dan seolah-olah semua serasa dunia dalam genggaman.

Didik berharap, tantangan Ini perlu diantisipasi oleh Insan koperasi, agar koperasi tidak ketinggalan zaman. Sehingga, koperasi harus melek informasi teknologi untuk memasarkan produknya di dunia maya.

“Peran koperasi di dalam konteks ekonomi lokal Kota Blitar sangatlah penting, “kami juga sangat berbahagia karena peran koperasi terus menguat semoga hal ini juga disertai bertambahnya kualitas koperasi sesuai dengan Jatidiri koperasi yang sebenarnya,” tegasnya.

Didik menghimbau, untuk dimasa-masa mendatang kegiatan-kegiatan koperasi di utamakan harus rakyat miskin dan golongan ekonomi menengah kebawah dan perlu lebih diperbanyak lagi. Dengan begitu, kita dapat menjadikan Koperasi di Kota Blitar sebagai koperasi yang benar-benar pro rakyat. Untuk itu, koperasi harus mengangkat perekonomian rakyat dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ia juga menambahkan, koperasi harus tetap berada pada jatidirinya yaitu sebagai sebuah badan usaha yang senantiasa menjaga kekeluargaan dan kebersamaan, karena di sebuah koperasi yang terpenting adalah kebersamaan pengolaan dari bawah yang kesemuanya diharapkan memunculkan tujuan-tujuan yang lebih besar.

“Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini Saya menaruh harapan yang besar kepada seluruh Insan perkoperasian di Kota Blitar. Mari kita lebih bersungguh-sungguh meningkatkan kualitas koperasi agar menjadi badan usaha yang tangguh kuat dan profesional sehingga mampu memenuhi kepentingan ekonomi anggota dan masyarakat sekitarnya,” tandasnya.(hms).

Artikel ini telah dibaca 23270 kali

loading...
Baca Lainnya

KPU Tuban Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati – Wabup

Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar Launching dan Pengambilan Nomor Urut Pasangan...

24 September 2020, 21:32 WIB

Bantu UMKM Klaster Perikanan Untuk Berkembang, SIG Berikan Bantuan Modal dan Pendampingan

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berupaya meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha...

19 September 2020, 03:28 WIB

Bupati Tuban Perpanjangan Pembatasan Jam Malam

Tuban – Bupati Tuban, H Fathul Huda, memperpanjang pembatasan jam malam di seluruh wilayah Bumi...

15 September 2020, 20:39 WIB

Pengurus Pusat KBPPAL Harus Bisa Bersinergi Dengan Mabes TNI AL

Surabaya – Kopdar kecil-kecilan para inisiator KBPPAL (Keluarga Besar Putra Putri Angkatan Laut) dari Jakarta,...

13 September 2020, 21:48 WIB

HUT FKPPI ke 42, Anggota PD XIII FKPPI Jatim Menggelar Donor Darah

Surabaya – Untuk menyambut HUT FKPPI ke-42, Pengurus PC 1330 KB FKPPI Surabaya menggelar bhakti...

13 September 2020, 12:49 WIB

SIG Manfaatkan Lahan Pascatambang Tanah Liat di Tuban Menjadi Kebun Pisang Cavendish

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memanfaatkan kawasan lahan pascatambang tanah liat Pabrik...

10 September 2020, 15:17 WIB

loading...