Senin, 22 Juli 2019 - 12:43 WIB

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

Jokowi Akan Jadi Presiden 3 Periode

Jakarta – Pakar hukum tata negara Margarito Kamis berpendapat, jika aturan tentang masa jabatan presiden dan wakil presiden dalam UUD 1945 diamendemen maka akan ada implikasi fundamental terhadap proses demokrasi di Indonesia. Karena itu, ide tentang amendemen tentang masa jabatan presiden harus dikaji dan didiskusikan secara luas.

Margarito mengatakan hal itu saat dimintai tanggapannya tentang ide mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono tentang pembatasan masa jabatan presiden satu periode saja dengan lama menjabat 8 tahun. Satu-satu caranya untuk mewujudkan ide itu adalah mengamendemen UUD 1945.

Margarito mengatakan, ide Hendro bukanlah hal baru. Sebab, sudah ada negara yang menerapkannya seperti Filipina yang masa jabatan presidennya selama 7 tahun untuk satu periode saja.

“Gagasan ini oke oke saja sebagai pemecahan atas masalah-masalah yang mengiringi kontestasi pemilihan presiden,” ucap Margarito, Minggu kemarin.

Boleh jadi, katanya, gagasan itu adalah salah satu cara mengefisienkan proses demokrasi, sekaligus agar pemerintahan hasil pemilu fokus mewujudkan amanat pembukaan UUD, yakni menyejahterakan rakyat. Poin penting lainnya, tutur Margarito, gagasan itu akan terealisasi bila UUD 1945 diubah lagi, terutama Pasal 7.

Klausul dalam pasal itu menyatakan bahwa presiden dan wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan.

Margarito menambahkan, amendemen masa jabatan presiden akan menciptakan kondisi dan lingkungan hukum baru. Sebab, tatanan masa jabatan secara konstitusi berubah

Artikel ini telah dibaca 364 kali

loading...
Baca Lainnya

Bupati Blitar Menjadi Irup Hari Pramuka Ke 58

Blitar.deliknews – Pemkab Blitar dalam memperingati hari Praja Muda Karana (Pramuka) ke-58 tahun,┬ádengan menggelar apel...

14 Agustus 2019, 11:24 WIB

Jokowi Menang, MK Tolak Seluruh Gugatan Prabowo-Sandi

Jakarta – Jokowi-Amin akhirnya dinyatakan sebagai pemenang Pilpres 2019, ini setelah Mahkamah Konstitusi menyatakan menolak...

Presiden Jokowi

27 Juni 2019, 21:31 WIB

Tegas, Jokowi : Tak ada tempat bagi kelompok bersenjata!

JokowiStrory – Presiden Joko Widodo secara tegas menyatakan, Pemerintah tidak memberi ruang bagi kelompok kriminal...

Presiden Jokowi

9 Desember 2018, 22:04 WIB

JokowiStory : Siapa Sangka, Tukang Ojek Payung Bisa Jadi Presiden

JokowiStory – Mulyono ya begitulah nama kecil Presiden Joko Widodo. Tak ada yang menyangka bekas...

Presiden Jokowi

16 Agustus 2018, 10:39 WIB

Dibilang Anti Islam, Jokowi : Pencetus hari Santri siapa?

Bogor – Meski mengaku sudah biasa diserang dengan isu-isu politik bahkan fitnah, Presiden Joko Widodo...

Jokowi

8 Agustus 2018, 13:49 WIB

Sabar, Jokowi Akan ganti kerusakan Bangunan di Lombok

Jakarta – Bagi warga Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) mohon bersabar, Presiden Joko Widodo...

6 Agustus 2018, 11:19 WIB