Jumat, 26 Juli 2019 - 22:01 WIB

Kepala Disnakkan Kabupaten Blitar, Adi Andaka saat ditemui deliknews di sela - sela peringatan hari lingkungan hidup sedunia di RTH Kanigoro kepada deliknews, Jumat (26/7/2019). Foto by Bang Jun.

Kepala Disnakkan Kabupaten Blitar, Adi Andaka saat ditemui deliknews di sela - sela peringatan hari lingkungan hidup sedunia di RTH Kanigoro kepada deliknews, Jumat (26/7/2019). Foto by Bang Jun.

Hewan Kurban Harus ASUH, Begini Penerapannya

Blitar.deliknews – Dinas Pertenakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Blitar akan ketat mengawasi terhadap daging kurban maupun hewan kurban pada Saat Hari Raya Idhul Adha mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Disnakkan Kabupaten Blitar, Adi Andaka di sela – sela peringatan hari lingkungan hidup sedunia di RTH Kanigoro kepada deliknews, Jumat (26/7/2019).

Adi menuturkan, untuk hewan yang akan dijadikan kurban harus memenuhi Standar ASUH. Yakni, Aman, Sehat, Utuh dan Halal. Lebih rinci, Aman dalam arti tidak berpenyakit, Sehat artinya mengandung gizi, Utuh tidak terpisah dengan daging lain, dan Halal yakni pemotongan hewan harus sesuai syariat agama Islam.

Melalui kader desa dan petugas yang sudah dibentuknya, saat ini sedang menjalani pelatihan tentang hewan kurban yang tersebar di lima tempat di Kabupaten Blitar yakni di Dinas Peternakan, Wlingi, Srengat, Kademangan, dan Lodoyo.

“Saat ini sedang mengikuti pelatihan. Oleh karena itu, kami siapkan satu desa satu petugas di bantu kader yang tugasnya menseleksi dan mendata hewan kurban yang akan mau disembelih sampai pemotongan biar nanti hewan itu benar – benar halal,” jelasnya

Selain itu, pihaknya juga akan menyebar dokter hewan pada saat Hari Raya Kurban nanti. Sedangkan setiap posko nantinya akan menampung laporan petugas di lapangan, kemudian dilaporkan kepada kami/Disnakkan untuk pendataan dan bahan evaluasi berikutnya.

“Petugas kami nanti akan mengawasi sampai selesai dan memberikan laporan kepada dinas. Misalkan di desa A memotong sapi atau kambing berapa, terus ada masalah apa,” terang Adi.

“Kami juga bekerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia, Universitas Nahdlatul Ulama dan Unisba, untuk membantu memonitoring proses jalannya pemotongan hewan kurban,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelum – sebelumnya, diketahui Pemkab Blitar secara rutin juga menggelar kurban yang diadakan di masjid dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat sekitar masjid utamanya keluarga fakir miskin.(jun).

Artikel ini telah dibaca 27812 kali

loading...
Baca Lainnya

Koramil 0811/20 Grabakan Diresmikan Pangdam V Brawijaya

Tuban – Bupati Tuban, H. Fathul Huda mendampingi Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Widodo Iriansyah...

20 Oktober 2020, 22:54 WIB

SIG Serahkan Hadiah Ibadah Umrah kepada Pengemudi Berprestasi

Gresik – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memberikan apresiasi atas kinerja pengemudi ekspeditur yang...

7 Oktober 2020, 20:23 WIB

Agung Supriyanto Sebut Peran Jurnalis Bisa Menentukan Karir Seorang Politisi

Tuban – Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Agung Supriyanto menggelar silaturahmi dan ngopi bareng bersama...

4 Oktober 2020, 00:01 WIB

Pengcab IWbA Tuban Menyiapkan 1 Atlet Perkuat Kontingen Jatim di PON 2021

Tuban – Rapat pengurus Cabang (Pengcab) Indonesia Woodball Association (IWbA) Kabupaten Tuban melakukan penyegaran pengurus...

30 September 2020, 16:59 WIB

SIG Kerjasama dengan Balitjestro Budidayakan Tanaman Buah di Lahan Green Belt Pabrik Tuban

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan...

28 September 2020, 15:50 WIB

KPU Tuban Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati – Wabup

Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar Launching dan Pengambilan Nomor Urut Pasangan...

24 September 2020, 21:32 WIB

loading...