Sabtu, 27 Juli 2019 - 00:26 WIB

Apel Siaga kebakaran hutan

Apel Siaga kebakaran hutan

Kemarau, Perhutani Jatim Apel Siaga Kebakaran Hutan

Madiun – Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan menjelang musim kemarau tahun 2019, Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur menggelar Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di waduk Bening Saradan, desa Pajaran, Kecamatan Sadaran, Kabupaten Madiun, Kamis (25/07/2019).

Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan diikuti oleh sebanyak 230 orang peserta yang terdiri dari jajaran Perum Perhutanni se-wilayah Rayon I, Madiun meliputi Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan, KPH Lawu Ds, KPH Madiun dan KPH Ngawi. Selain itu juga diikuti oleh jajaran dari Kepolisian Sektor (Polsek) Mejayan, Polsek Gemarang, Dinas Penanggulangan Bencana daerah (BPPD ) Kabupaten Madiun, Jasa Tirta dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah Perhutani KPH Saradan.

Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Oman Suherman menyampaikan ucapan terimakasih atas sinergitas semua jajaran Perhutani dilapangan bersama stakeholder dalam upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan.

“Hutan yang dipercayakan pengelolaannya kepada Perhutani ini merupakan aset negara yang harus dijaga dan dirawat kelestariannya. Jadi kalau terjadi kebakaran hutan maka hal itu dihitung sebagai kerugian,” ujar Oman Suherman

Lanjutnya, untuk itu harus menjadi perhatian oleh semua jajaran Perhutani agar selalu waspada terhadap gangguan keamanan hutan khususnya kebakaran hutan dan lahan. Bila terjadi kebakaran hutan maka upaya petugas adalah mempercepat pemadaman dengan secepat mungkin dengan sarana dan prasarana yang ada agar tidak menimbulkan kerugian lebih besar lagi.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tidak mungkin dapat dilakukan Perhutani sendiri, melainkan harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak seperti dari Pemerintah Kabupaten/Kota, Lembaga Tehnis, BPBD, Polres, Kodim dan masyarakat sekitar.

Oman menegaskan bahwa menurutnya hal tersebut sejalan dengan peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia nomor 32 tahun 2016 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan yang meliputi usaha/kegiatan/tindakan pengorganisasian, pengelolaaan sumberdaya manusia dan sarana prasarana serta operasional pencegahan, pemadaman, penanganan pasca kebakaran, dukungan evakuasi dan penyelamatan, dan dukungan manajemen pengendalian kebakaran hutan dan/atau lahan. (jat)

Baca Lainnya

Terpilihnya Ketua KBPPAL Jatim Dimjadi, SH, S. Pd Secara Aklamasi

Surabaya, Jatim, deliknews – Secara aklamasi Dimjadi, SH, S. Pd terpilih sebagai Ketua KBPPAL (Keluarga...

8 Maret 2021, 01:19 WIB

Wihadi Anggota DPR RI Merayakan HPN-75 Bersama Insan Pers Tuban

Tuban, Jatim, deliknews – Wihadi Wiyanto Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra, menggelar ngopi (minum...

17 Februari 2021, 20:35 WIB

Sangat Langka, Kajari Tuban “Turun Gunung” Bagi Pelita Masyarakat

Tuban, Jatim, deliknews – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tuban, Bambang Dwi Murcolono, S.H,, M.H.,dengan tetap...

16 Februari 2021, 17:19 WIB

Tasyakuran HPN Ke-75, Kapolres Tuban Ajak Pers Bersatu Lawan Covid-19

Tuban – PWI Tuban mengadakan tasyakuran dalam memperingati HPN ke 75 di kondisi pandemik Covid-19...

9 Februari 2021, 14:03 WIB

Peringati HPN Ke-75, PWI Cabang Tuban Gelar Donor Darah

Tuban, Jatim, deliknews – Dalam rangka memperingati Hari Pres Nasional (HPN) ke 75 tahun 2021,...

5 Februari 2021, 10:37 WIB

SIG Serahkan Bantuan Untuk Tenaga Medis Rumah Sakit dan Puskesmas di Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memberikan apresiasi kepada tenaga medis yang terlibat...

23 Desember 2020, 16:44 WIB

loading...