Senin, 29 Juli 2019 - 12:56 WIB

Wartawan Deliknews.com Darlin saat wawancarai Kepala SMK Harsa Panti, H. Mardan, SE, Senin 29 Juli 2019.

Wartawan Deliknews.com Darlin saat wawancarai Kepala SMK Harsa Panti, H. Mardan, SE, Senin 29 Juli 2019.

Didik Anak Bangsa, Sekolah Swasta Tidak Dapat Perhatian Pemda

Pasaman, – Sejumlah sekolah swasta di Kabupaten Pasaman mengeluhkan kurangnya perhatian pemerintah daerah (Pemda) terhadap pembangunan sekolah.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisitem Pendidikan Nasional telah secara rinci menjelaskan hak dan kewajiban pemerintah dan warga negara dalam melaksanakan pendidikan nasional.

Hak Warga Negara pada pasal 5 ayat (1) dijelaskan bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu.

Pasal 6 ayat (1) menegaskan setiap warga negara yang berusia tujuh sampai dengan lima belas tahun wajib mengikuti pendidikan dasar.

Sementara, Hak dan Kewajiban Pemerintah dan Pemerintah Daerah Pasal 10 dijelaskan, Pemerintah dan Pemerintah Daerah berhak mengarahkan, membimbing, membantu, dan mengawasi penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pasal 11 ayat (1), Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi dan ayat (2) Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib menjamin tersedianya dana guna terselenggaranya pendidikan bagi setiap warga negara yang berusia tujuh sampai dengan lima belas tahun.

Sejumlah sekolah swasta tingkat SLTA di Kabupaten Pasaman ditemui Wartawan deliknews.com menyampaikan harapan agar pemerintah daerah dapat memberikan bantuan demi berlangsungnya pendidikan.

Kepala SMK Harapan Bangsa (Harsa) Panti, H. Mardan, SE menegaskan kurangnya fasilitas untuk memajukan sekolah, sementara minat siswa mendaftar disekolah itu cukup besar setiap tahunnya.

“Saat ini kita telah memiliki 525 siswa, namun kita minim fasilitas, tidak ada bantuan dari pemerintah daerah,” ungkap Kepala SMK Harsa Panti, H. Mardan, SE, Senin 29 Juli 2019.

Menurut Mardan, semestinya pemerintah berterimakasih kepada Yayasan yang membantu pemerintah melaksanakan tanggungjawab yaitu menyelenggarakan pendidikan.

“Mestinya pemerintah dan pemerintah daerah berterimakasih telah dibantu menyelenggarakan pendidikan untuk kecerdasan anak bangsa. Perhatikan sekolah swasta, kalau tidak bisa bantu 100%, 25% saja sudah cukup,” ujar Mardan.

Dikatakannya, saat ini pihak sekolah SMA Harsa hanya memanfaatkan fasilitas minim untuk meningkatkan prestasi dan mencerdaskan 525 anak bangsa.

Ditegaskan Mardan, semestinya tidak ada alasan untuk tidak membatu sekolah swasta, jika tidak ada payung hukum, bentuk payung hukumnya.

“Kalau sudah disepakati bersama pasti akan terlaksana kalau memang serius untuk memajukan pendidikan,” ucap Mardan.

Beberapa waktu yang lalu juga disampaikan kepala SMK Kosgoro Lubuk Sikaping, Johan Arif, kurang perhatian pemerintah, padahal katanya, sekolah swasta kadang penyelemat anak – anak dari putus sekolah.

“Disekolah swasta macam – macam, kadang ada pindahan dari sekolah negeri dan ada juga memang ingin disekolah swasta. Sekolah ini sudah menamatkan ribuan siswa, artinya ribuan masa depan bangsa diselamatkan, jadi seharusnya diperhatiakan serius oleh pemerintah dan pemerintah daerah,” ungkap Johan Arif.

Artikel ini telah dibaca 571 kali

loading...
Baca Lainnya

Polresta Palangkaraya Berhasil Mengungkap Jaringan Narkoba Lapas Palangkaraya

Palangka Raya – Polresta Palangka Raya berhasil pengungkapan kasus narkotika dengan 8 tersangka dari jaringan...

26 Oktober 2020, 19:46 WIB

Laksanakan Operasi Yustisi, Polsek Balaraja dan Tiga Pilar Tegur 45 Pelanggar

TANGERANG – Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten bersama unsur Muspika Kecamatan Balaraja dan Kecamatan...

26 Oktober 2020, 13:47 WIB

Peringati Hari Santri, Polsek Cisoka Gagas Polisi Sahabat Santri

TANGERANG – Jajaran Polsek Cisoka Polresta Tangerang Polda Banten menggelar silaturahmi ke Pondok Pesantren Daar...

26 Oktober 2020, 13:40 WIB

Maulid Nabi Muhammad SAW, Jajaran Polres Majalengka Gelar Baksos

MAJALENGKA – Jajaran Polres Majalengka membagikan sembako ke masyarakat terdampak Covid-19 beserta kaum dhuafa di...

26 Oktober 2020, 13:24 WIB

Lima KK Warga Cane Uken Tinggal di Ruang Kelas Sekolah

Gayo Lues-Hasan Husin (50) Tahun Salah satu Warga Cane Uken yang menempati Sekolah pada minggu...

25 Oktober 2020, 22:05 WIB

Gelar Operasi Yustisi di 10 Titik, Polsek Balaraja Tegur 10 Pelanggar

TANGERANG – Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten bersama muspika Kecamatan Balaraja dan Kecamatan Sukamulya...

25 Oktober 2020, 13:17 WIB

loading...