Jumat, 2 Agustus 2019 - 11:03 WIB

Deflasi Menanti Pemindahan Ibukota Negara

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memindah Ibu Kota Indonesia ke Kalimantan. Kendati demikian, dia belum mengungkapkan di mana lokasi persis daerah yang bakal jadi ibu kota.

Kondisi ini pun membuat harga tanah di sejumlah kota yang ada di Kalimantan dikabarkan mengalami kenaikan harga. Lalu apakah isu pemindahan ibu kota ke Kalimantan sudah berdampak pada inflasi di kota-kota pulau tersebut?

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan Indeks Harga Konsumen (IHK) di kota-kota Kalimantan masih terpantau terjaga, meski isu pemindahan ibu kota ke pulau tersebut sudah bergulir sejak lama. Bahkan beberapa kota yang menjadi pemantauan BPS tercatat mengalami deflasi.

Belum (berdampak ke inflasi). Isu pemindahan ibu kota ke Kalimantan rasanya enggak (mempengaruhi inflasi), ini malah deflasi,” ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti Jumat.

Data BPS menunjukkan dari 7 kota di Kalimantan yang di pantau, hanya 2 kota yang mengalami inflasi di Juli 2019. Selebihnya malah mengalami deflasi.

Di Samarinda, Kalimantan Timur tercatat inflasi sebesar 0,59% (month to month/mtm), secara tahunan sebesar 2,25% (year on year/yoy). Kemudian di Singkawang, Kalimantan Barat terjadi inflasi sebesar 0,13% mtm atau secara tahunan sebesar 1,83% yoy.

Sebaliknya, kota yang mengalami deflasi yakni Balikpapan, Kalimantan Timur dengan deflasi sebesar 0,08% mtm di Juli 2019, secara tahunan tingkat inflasinya sebesar 1,86% yoy. Lalu Banjarmasin, Kalimantan Selatan tercatat mengalami deflasi 0,09% mtm, secara tahunan mengalami inflasi 4,21% yoy.

Kemudian Pontianak, Kalimantan Barat mengalami deflasi 0,1% mtm dan secara tahunan mengalami inflasi 2,58% yoy. Di Tarakan, Kalimantan Utara tercatat terjadi deflasi 0,64 mtm atau secara tahunan mengalami inflasi 3,89% yoy.

Termasuk juga di Palangka Raya, Kalimantan Tengah terjadi deflasi 0,24% mtm dengan inflasi tahunannya 2,47% yoy. Kalimantan Tengah memang jadi kandidat utama dalam pemindahan ibu kota, di mana Palangka Raya disebut menjadi salah satu calon daerah ibu kota.

“Palangka Raya saja deflasi. Isunya kan pindah ke sini,” katanya.

Artikel ini telah dibaca 541 kali

loading...
Baca Lainnya

Masyarakat Menolak Keberadaan KAMI

Oleh : Dodik Prasetyo Keberadaan KAMI makin meresahkan masyarakat dengan pernyataannya yang kontroversial dan mendapat...

23 Oktober 2020, 22:40 WIB

Cerita Kabaharkam Polri Ajak Perangkat Desa Kembangkan Inovasi

JAKARTA  РKepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, menerima audiensi DPD...

23 Oktober 2020, 21:44 WIB

Otsus Jilid II Memajukan Papua

Oleh : Abner Wanggai Otonomi khusus (Otsus) Papua memang sudah semestinya mendapatkan dukungan dari banyak...

23 Oktober 2020, 16:38 WIB

Masyarakat Jangan Ragu Manfaat Vaksin Covid-19

Oleh : Dimas Sangkoro Vaksin Covid-19 telah melalui tahap uji klinis yang ketat serta pengawasan...

23 Oktober 2020, 16:18 WIB

Waspada provokasi KAMI Menebar Hoax

Oleh : Raavi Ramadhan KAMI adalah organisasi yang banyak dibicarakan orang, namun sayang bukan karena...

23 Oktober 2020, 03:13 WIB

UU Cipta Kerja, Upaya Pemerintah Antisipasi Bonus Demografi

Oleh : Hanafi Adnan UU Cipta Kerja yang baru disahkan Pemerintah merupakan upaya untuk mempermudah...

22 Oktober 2020, 20:57 WIB

loading...