Tak Mampu Bersaing Produksi Kuantitas Salah Satu Faktor Minyak Sere Wangi Gayo lues Anjlok

  • Whatsapp

Gayo Lues-Banyaknya daerah yang kini memperoduksi minyak sere wangi (atsiri), sementara secara kuantitas Gayo Lues kalah dari daerah lain, meski secara khualitas cukup baik, menjadi salah satu paktor harga jual minyak anjlok. Dengan banyaknya produksi tersebut otomatis stok di penampungan juga banyak. Waktu panen juga mempengaruhi harga tersebut.

“Hukum ekonomi memang begitu, kalau lagi banyak stok, harga akan turun,” kata, M.Noh ketua Tim pengendali minyak atsiri Gayo Lues.

Noh menyampaikan, waktu panen yang tidak teratur juga menyebabkan harga turun, contohnya pada hari-hari besar di Gayo Lues petani banyak yang memanen sere wangi yang otomatis harga akan turun disebabkan banyaknya produksi.

“Pemerintah, sudah menghimbau kepada petani untuk tidak menjual semua. Akhir-akhir ini juga turun, mungkin karena kebutuhan masyarakat menjelang hari raya Idul Adha,”ucapnya.

M.Noh menyampaikan menyoal hal ini, perlu membuka pasar ke tempat yang lain, seperti India, Singapura dan Timur Tengah.

Selain itu Pemda sudah menggagas beberapa langkah yang sudah digagas, salah satunya adanya kebun inti.

“Kita, akan membuat MoU dengan infortir bahwa kita akan menyetok, agar harga dapat terjaga,” katanya.

Selain itu langkah pendirian BUMD juga akan dijadikan Pemda Gayo Lues, dengan menyediakan dana talangan untuk menampung minyak dari petani disaat harga anjlok. Pada saat harga normal petani tetap bisa langsung menjual ke toke-toke yang ada.

Menyoal akankah permasalahan minyak Atsiri dapat diatasi terutama menaikan harga atau akan semakin anjlok, M.Noh, meminta petani optimis dan tidak pesimis, apalagi dengan terobosan-terobosan yang akan dilakukan Pemda Gayo Lues.

Sementara, Kabid Perdagangan Disperindagkop Kabupaten Gayo Lues, Zulfikar menyampaikan hal yang sama, terkait harga minyak yang terus menurun. Banyaknya daerah yang memproduksi sere wangi tidak dapat dipungkiri harga kian turun(Ali Sadikin)

Pos terkait