Minggu, 25 Agustus 2019 - 16:34 WIB

Bambang Haryo Soekartono

Bambang Haryo Soekartono

Cerita viralnya Bambang Haryo, Tolak Jokowi Pindahkan Ibukota

Jakarta – Anggota DPR-RI Bambang Haryo Soekartono, mendadak menjadi pembicaraan publik di sosial media. Ini karena, politisi partai Gerindra itu menolak keras rencana pemindahan ibukota Negara oleh Pemerintahan Joko Widodo.

Menurut Bambang Haryo, dilansir sejumlah media, pemindahan Ibukota bukanlah hal yang urgen, lantaran Indonesia masih memiliki masalah diantaranya gejolak ekonomi dan pembangunan yang belum merata.

Dia menjelaskan, masalah yang penting dan perlu diselesaikan pemerintah yakni untuk mengurangi ketergantungan pada impor, baik barang konsumsi atau kebutuhan bahan baku industri nasional.

Dengan begitu, Ucap Bambang Haryo, Indonesia bisa mendapatkan stabilitas perekonomian nasional yang lebih kokoh.

Selain itu, lanjutnya, Indonesia juga bakal tidak mudah diguncang oleh gejolak eksternal seperti yang selama ini dialami. Ketimbang mengambil langkah pemindahan Ibukota Negara, maka patut diduga jangan sampai sebagai upaya mengalihkan mata publik dari gejolak Ekonomi yang sedang menerpa Indonesia.

Soal pemindahan Ibukota Negara, kata Bambang, Kementerian PU ataupun Kemendes belum pernah menginformasikan. Jadi, terus terang kami kaget begitu. Kata Bambang Haryo.

Bahkan politikus asal Surabaya, Jawa Timur ini mempertanyakan, naskah akademik pemindahan ibu kota. Sejauh ini DPR belum membacanya, padahal Presiden Jokowi sudah jauh-jauh hari menginginkan adanya pemindahan ibu kota negara.

“Jadi, Pak Jokowi sudah memastikan bahwa pemindahan itu ada di Kalimantan dan Kalimantan sudah ditentukan, tapi belum ada pembahasan,” katanya.

Menurut Bambang, DPR merasa perlu diajak diskusi mengenai pemindahan ibu kota negara. Dia yakin, jika diajak berembuk, maka DPR juga bisa melakukan kajian seperti ekonomi, keamanan, dan aspek-aspek lain.

“Jadi, ini terus terang kami atau DPR ini merasa dilompati. Tidak dianggap oleh pemerintah. Kami minta jangan gitu lah. Kita ini kan mitra,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia pemindahan Ibukota ini, mengancam kedaulatan Negara, lantaran infrastruktur politik yang direncanakan dibangun di Provinsi Kalimantan Timur itu menurut Menteri Bappenas tidak menggunakan dana APBN melainkan berkonsep KPBU dan murni swasta

Hal ini, Menyalahi Perpres No 38 Tahun 2015 tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur. Dan akan mengancam kedaulatan Negara.

Tanggapan Bambang Haryo ini, sontak langsung mendapat perhatian sosial media, lewat Facebook PrabowoSandi02, sejumlah netizen menolak pemerintah memindahkan Ibukota. Bahkan Bambang Haryo disebut sebagai pejuang yang sangat berani.

Tati Rohaeti dalam facebook PrabowoSandi02 mengungkapkan, DPR harus menolak rancangan presiden yg akan merugikan rakyat dn negara jangan mmbiarkan presiden semena”dn semau nya sendiri memindahkn ibu kota yg akan lebih mmperburuk ekonomi rakyat dn negara nya sampah d jakarta jangan d jadikan alasan.

Akun lain, Kus Don berkomentar Masalahnya Koalisi mayoritas Plonga-Plongo. Pdhal Byk kbjakan Exsekutif bertntgan dg Amanat UUD45. Kemudian akun Didi Humaedi : Emang pemindahan ibukota bisa ditentukan hanya oleh seorang Presiden? Apa ga nyalahin aturan?

Berikut Fanpage

Artikel ini telah dibaca 137 kali

loading...
Baca Lainnya

Begini Langkah Terbaik Indonesia untuk Perdamain Azerbaijan dan Armenia

Konflik yang telah terjadi selama puluhan tahun yang melanda Armenia dan Azerbaijan masih terus terjadi...

26 Oktober 2020, 18:43 WIB

Papua Bagian Integral NKRI Sudah Final

Oleh : Rebecca Marian Indonesia terdiri dari 34 provinsi, termasuk Papua dan Papua barat. Namun...

26 Oktober 2020, 00:13 WIB

Penanganan Covid-19 Makin Membaik

Oleh : Raditya Rahman Jumlah pasien corona yang sembuh makin meningkat. Hal ini membuktikan keseriusan...

25 Oktober 2020, 23:45 WIB

Gugatan UU Cipta Kerja Dapat Melalui MK

Oleh : Alfisyah Dianasari UU Cipta Kerja sempat jadi kontroversi karena ada pihak yang salah...

25 Oktober 2020, 22:58 WIB

Cabup dan Cawabup Ngawi Ony-Antok Selayang Goresan

NGAWI – Secara popularitas, pasangan Ony Anwar dan Dwi Rianto “Antok” Jatmiko memang sudah tidak...

25 Oktober 2020, 22:36 WIB

Waspada KAMI Provokator Gejolak Bangsa

Oleh : Edi Jatmiko Pernyataan Presidium KAMI Gatot Nurmantyo tentang dukungan terhadap demo buruh, sontak...

25 Oktober 2020, 18:35 WIB

loading...