Sabtu, 31 Agustus 2019 - 15:48 WIB

Anggota DPRD Pasaman, Yulisman, AMa saat berdialog mendengarkan aspirasi rakyat.

Anggota DPRD Pasaman, Yulisman, AMa saat berdialog mendengarkan aspirasi rakyat.

Buka Ikan Larangan, Anggota DPRD Pasaman Yulisman Jemput Aspirasi Rakyat

Pasaman, – Ratusan masyarakat mendatangi Sungai Sotosah Sopolu Jorong Malancar Nagari Pintu Padang Kecamatan Mapattunggul untuk menangkap ikan dengan menggunakan alat tangkap berupa jaring kecil, Sabtu (31/8) pagi hingga sore.

Pembukaan ikan larangan langsung dihadiri Anggota DPRD Pasaman, Yulisman, AMa, Walinagari Pintu Padang, Irwan Ayub, Kepala Jorong Malancar, Madirun dan ninik mamak serta tokoh masyarakat setempat.

Anggota DPRD Pasaman, Yulisman, menghadiri pembukaan ikan larangan tersebut memberikan apresiasi kepada masyarakat Malancar. Ini merupakan tradisi turun temurun dan sangat banyak manfaatnya.

“Mari kita pertahankan tradisi ini karena sangat banyak manfaatnya. Selain mengumpulkan dana untuk kegiatan sosial. Melului sungai larangan ini bisa meningkatkan hubungan silaturrahmi antara sesama masyarakat” sebut Yulisman.

Menurut Yulisman, sambil menangkap ikan ratusan warga bisa saling bersilaturrahmi. Sebab, selama ini warga disibukkan dengan kerja rutinitas masing-masing.

“Pada kegiatan inilah kita semuanya warga bisa bertemu, baik kaum laki-laki maupun perempuan. Laki-laki sibuk menangkap ikan, sementara perempuan berdisukusi di dekat sungai sambil mendirikan tenda dan ada juga yang berjualan” ujarnya.

Anggota DPRD Pasaman Dapil III (Rao, Rao Utara dan Mapattunggul) ini juga langsung menjemput aspirasi masyarakat dengan menemui kaum perempuan ke tenda-tenda, bahkan dapur tempat warga memasak jualannya.

Dalam pertemuan itu, Yulisman mendengarkan berbagai aspirasi masyarakat baik soal ekonomi, transfortasi dan jaringan internet. Semua keluhan dan aspirasi masyarakat Mapattunggul ditampung dan dicatat.

“Ya, semuanya kita dengarkan. Ada yang bisa kita jawab langsung dan ada juga yang kita janjikan. Dengan turun langsung ke lapangan kita lebih mengetahui apa yang menjadi aspirasi masyarakat, dan tidak hanya duduk di kantor dan belakang meja saja” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Jorong Malancar, Madirun mengatakan ini merupakan tradisi di Jorong Malancar menjadikan sepanjang sungai tempat larangan untuk mengambil ikan. Sungai larangan dibuka hanya sekali setahun.

“Khusus di Malancar ada dua lokasi sungai larangan,  dan tahun ini telah kita buka keduanya. Alhamdulillah, ratusan masyarakat berdatangan bersama-sama menangkap ikan” ujarnya.

Menurut Madirun, setiap masyarakat yang mengambil ikan memberikan sumbangan sebesar Rp10 ribu perorang. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan mesjid, sarana dan kegiatan pemuda serta kegiatan lainnya ditengah masyarakat.

(Darlin)

Artikel ini telah dibaca 327 kali

Baca Lainnya

Tandatangan Giri Prasta Tak Ada, Sidang Sengketa Pilkel Angantaka Ditunda

Denpasar – Sidang perdana penegakan demokrasi sengketa Pemilihan Perbekel (Pilkel) Desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal Badung...

Sidang perdana gugatan sengketa hasil Pemilihan Perbekel Desa Angantaka, Badung. (Foto: Deliknews.com)

2 Maret 2021, 13:29 WIB

Jambret Spesialis Sasar Korban Perempuan Dibekuk Polresta Tangerang

TANGERANG – Seorang pria berinisial RA (27) dibekuk jajaran Polresta Tangerang Polda Banten. RA ditangkap...

2 Maret 2021, 12:52 WIB

Polresta Tangerang dan 3 Pilar Bagikan 23.109 Masker

TANGERANG – Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten bersama jajaran Pemkab Tangerang dan jajaran Kodim 0510...

2 Maret 2021, 12:35 WIB

Kunjungi PT. Chingluh Indonesia, Kapolresta Tangerang Gelorakan Perusahaan Tangguh

TANGERANG – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengunjungi PT. Chingluh di di Desa...

2 Maret 2021, 12:24 WIB

Wabup Barut Tutup Acara Rapat Forum Perangkat Daerah

Muara Teweh, Kalteng, deliknews – Setelah sebelumnya dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Barito Utara (Barut),...

1 Maret 2021, 20:18 WIB

Brimob, TNI, Polres dan Pemda Gencar laksanakan Operasi Yustisi

Satbrimob Polda Aceh, Senin(/01/03/2021) Personel Kompi 4 Batalyon C Pelopor bersama TNI Koramil 04 Kuta...

1 Maret 2021, 17:14 WIB

loading...