Kamis, 5 September 2019 - 20:48 WIB

Dianggap Hina NU , Gus Nur Dituntut 2 Tahun Penjara

SURABAYA – Dimyatakan terbukti melakukan penghinaan melalui video vlog akhirbta Sugik Nur Raharja alias Gur Nur dituntut hukuman penjara selama 2 tahun. Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Dalama pembacaan surat tuntutan, JPU Novan Arianto menegaskan, perbuatan Gus Nur telah memenuhi unsur dengan sengaja mendistribusikan konten berisi penghinaan sesuai pasal 27 ayat 3 UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) jo pasal 45 KUHP. “Menuntut terdakwa dengan hukuman pidana penjara selama 2 tahun,” ujarnya pada sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN), Kamis (5/9).

Novan menjelaskan bahwa video vlog berisi penghinaan yang didistribusikan Gus Nur dianggap telah menghina dan mencemarkan nama baik Nahdlatul Ulama (NU) .Hal Ini diperkuat oleh Saksi yang telah dihadirkan sebelumnya “Berdasarkan keterangan ahli, kata-kata tersebut ditujukan untuk menghina atau merendahkan martabat,” tegasnya.

Setelah JPU membacakan tuntutannya, Kuasa Hukum Andry Ermawan berdiskusi dengan Gus Nur dan langsung meminta waktu dua minggu kepada majelis hakim untuk membuat nota pledoi (pembelaan). “Kami minta waktu dua minggu untuk menyusun nota pledoi,” kata Andry

Memurut Andry tuntutan tyang diajukan oleh JPU dianggap terlalu tinggi untuk Gus Nur. Bahkan, tuntutan yang diajukan dianggap tidak mengindahkan keseluruhan fakta hukum yang terungkap selama persidangan, terurama keterangan ahli yang meringankan. “Kalau kita melihat fakta hukum yang ada di persidangan, tuntutan tersebut sangat tinggi. Kita akan patahkan tuntutan tersebut dalam pledoi,” katanya.

Menurut Andry, nanti tak hanya tim kuasa hukum saja yang akan mengajukan nota pledoi, Gus Nur pun secara pribadi juga akan mengajukan nota pledoi. “Nanti Gus Nur juga akan ajukan pledoi pribadi,” terangnya.

Sebelumnya, kasus yang menjerat Gus Nur berawal dari laporan ke polisi oleh Forum Pembela Kader Muda NU. Gus Nur dilaporkan karena video blog (vlog) dengan judul Generasi Muda NU Penjilat dianggap telah mencemarkan nama baik NU. Vlog itu diunggah Gus Nur di akun youtube pada 20 Mei 2018.(rif/zam)

Artikel ini telah dibaca 354 kali

loading...
Baca Lainnya

Bambang Haryo : Kenaikan Tarif Angkutan Penyeberangan Tidak Bawa Dampak Harga Barang

Surabaya – Anggota DPR-RI periode 2014-2019 Bambang Soekartono memperkirakan dampak kenaikan tarif angkutan penyeberangan laut...

19 Oktober 2019, 08:02 WIB

Soal Kenaikan Tarif Angkutan Penyeberangan, Bambang Haryo : Jangan Ditunda!

Surabaya – Pemerintah akan menaikkan tarif penyeberangan angkutan laut sebesar 28 persen. Untuk memuluskan skema...

19 Oktober 2019, 07:59 WIB

Sabar, Sebentar Lagi, Jokowi Umumkan Menteri

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi maraknya bocoran nama-nama yang disebut-sebut akan mengisi kabinet...

Jokowi dan Jusuf Kalla

18 Oktober 2019, 10:46 WIB

Mengenang Mendiang August Parengkuan, Tokoh PWI

Rasanya sulit percaya, tetapi nyata. Ada lima sumber dekat saya konfirmasi tadi, semua membenarkan. August...

18 Oktober 2019, 10:43 WIB

Dubes RI untuk Azerbaijan Prof. Dr. Husnan Bey Fananie Gelar Kuliah Umum di Universitas Islam Malang

Kuliah Tamu yang bertajuk “Pendidikan Islam Multikultural dalam Perspektif Historis Sosiologis” diberikan Duta Besar Luar...

17 Oktober 2019, 18:07 WIB

Kabur Naik Bus Widji, Suami yang Bakar Istri di Surabaya Tertangkap

Surabaya – Pelarian pelaku berinisial MP yang juga suami (45) yang nekat membakar istrinya, Putri...

17 Oktober 2019, 17:08 WIB

loading...