Kamis, 5 September 2019 - 20:48 WIB

Dianggap Hina NU , Gus Nur Dituntut 2 Tahun Penjara

SURABAYA – Dimyatakan terbukti melakukan penghinaan melalui video vlog akhirbta Sugik Nur Raharja alias Gur Nur dituntut hukuman penjara selama 2 tahun. Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Dalama pembacaan surat tuntutan, JPU Novan Arianto menegaskan, perbuatan Gus Nur telah memenuhi unsur dengan sengaja mendistribusikan konten berisi penghinaan sesuai pasal 27 ayat 3 UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) jo pasal 45 KUHP. “Menuntut terdakwa dengan hukuman pidana penjara selama 2 tahun,” ujarnya pada sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN), Kamis (5/9).

Novan menjelaskan bahwa video vlog berisi penghinaan yang didistribusikan Gus Nur dianggap telah menghina dan mencemarkan nama baik Nahdlatul Ulama (NU) .Hal Ini diperkuat oleh Saksi yang telah dihadirkan sebelumnya “Berdasarkan keterangan ahli, kata-kata tersebut ditujukan untuk menghina atau merendahkan martabat,” tegasnya.

Setelah JPU membacakan tuntutannya, Kuasa Hukum Andry Ermawan berdiskusi dengan Gus Nur dan langsung meminta waktu dua minggu kepada majelis hakim untuk membuat nota pledoi (pembelaan). “Kami minta waktu dua minggu untuk menyusun nota pledoi,” kata Andry

Memurut Andry tuntutan tyang diajukan oleh JPU dianggap terlalu tinggi untuk Gus Nur. Bahkan, tuntutan yang diajukan dianggap tidak mengindahkan keseluruhan fakta hukum yang terungkap selama persidangan, terurama keterangan ahli yang meringankan. “Kalau kita melihat fakta hukum yang ada di persidangan, tuntutan tersebut sangat tinggi. Kita akan patahkan tuntutan tersebut dalam pledoi,” katanya.

Menurut Andry, nanti tak hanya tim kuasa hukum saja yang akan mengajukan nota pledoi, Gus Nur pun secara pribadi juga akan mengajukan nota pledoi. “Nanti Gus Nur juga akan ajukan pledoi pribadi,” terangnya.

Sebelumnya, kasus yang menjerat Gus Nur berawal dari laporan ke polisi oleh Forum Pembela Kader Muda NU. Gus Nur dilaporkan karena video blog (vlog) dengan judul Generasi Muda NU Penjilat dianggap telah mencemarkan nama baik NU. Vlog itu diunggah Gus Nur di akun youtube pada 20 Mei 2018.(rif/zam)

Artikel ini telah dibaca 457 kali

loading...
Baca Lainnya

Masyarakat Menolak Keberadaan KAMI

Oleh : Dodik Prasetyo Keberadaan KAMI makin meresahkan masyarakat dengan pernyataannya yang kontroversial dan mendapat...

23 Oktober 2020, 22:40 WIB

Cerita Kabaharkam Polri Ajak Perangkat Desa Kembangkan Inovasi

JAKARTA  – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, menerima audiensi DPD...

23 Oktober 2020, 21:44 WIB

Otsus Jilid II Memajukan Papua

Oleh : Abner Wanggai Otonomi khusus (Otsus) Papua memang sudah semestinya mendapatkan dukungan dari banyak...

23 Oktober 2020, 16:38 WIB

Masyarakat Jangan Ragu Manfaat Vaksin Covid-19

Oleh : Dimas Sangkoro Vaksin Covid-19 telah melalui tahap uji klinis yang ketat serta pengawasan...

23 Oktober 2020, 16:18 WIB

Waspada provokasi KAMI Menebar Hoax

Oleh : Raavi Ramadhan KAMI adalah organisasi yang banyak dibicarakan orang, namun sayang bukan karena...

23 Oktober 2020, 03:13 WIB

UU Cipta Kerja, Upaya Pemerintah Antisipasi Bonus Demografi

Oleh : Hanafi Adnan UU Cipta Kerja yang baru disahkan Pemerintah merupakan upaya untuk mempermudah...

22 Oktober 2020, 20:57 WIB

loading...